Tujuh Tips Membuat Daging Barbekyu

Daging Steak
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Mendag Kejutkan Pedagang Pasar di Tangerang
- Siapa tak tergoda dengan kelezatan daging barbekyu? Berbeda dengan daging bakar, daging barbekyu tidak dimasak dengan menggunakan
direct heat
Jokowi Minta TNI-Polri Turut Tangani Lonjakan Harga Daging
atau suhu panas langsung. Jadi, daging tidak dibakar langsung di atas api atau bara yang menyala.

Ini Strategi Bulog Stabilkan Harga Daging Sapi
"Barbekyu adalah proses memasak daging slow and low atau perlahan dengan suhu yang rendah," ujar Albert Wijaya, pemilik sekaligus chef Holy Smokes, restoran khusus daging barbekyu asap yang baru buka di Jakarta saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Memang tidak mudah untuk membuat daging barbekyu. Anda harus melalui proses yang lumayan panjang. Apalagi jika Anda ingin mencoba barbekyu ala Texas dengan proses pengasapan daging yang cukup rumit.

Namun, tak perlu khawatir, Albert berbagi tips memasak daging barbekyu yang baik. Berikut tipsnya:

Pilih daging yang tepat

Beberapa jenis daging sapi yang umum dimasak barbekyu ialah iga dan sandung lamur, yaitu bagian dada serta ketiak sapi hingga ke daerah tulang belakang. 

"Sandung lamur terdiri dari daging, otot dan ada pula area yang tidak berlemak serta yang berlemak jadi sangat pas dimasak barbekyu," ujar Albert.

Keringkan daging 

Pastikan Anda mengeringkan daging, terutama daging yang sebelumnya disimpan hingga beku. Anda bisa menggunakan paper towel atau kain. Jangan melewatkan langkah satu ini karena daging berair akan mengganggu proses memasak bagian luar daging tidak akan terkaramelisasi dengan baik.

Buang lemak

"Lemak mampu membawa cita rasa yang lezat pada daging. Namun, terlalu banyak lemak juga tidak bagus," ujar Albert.

Ia menyarankan untuk membuang lemak yang menempel pada daging dengan menggunakan pisau. Namun, sisakan sedikit lemak untuk  membuat daging menjadi lebih lezat. Lemak yang telah dibuang tadi bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat saus.

Gunakan bumbu rempah

Albert menyarankan untuk menggunakan berbagai jenis rempah untuk membaluri permukaan daging sapi. Rempah-rempah yang bisa Anda gunakan sangat beragam mulai dari paprika asam, cabai, jintan, bawang putih hingga gula aren.

Perhatikan waktu memasak

Memang benar bahwa daging barbekyu harus dimasak dalam waktu yang lama dengan suhu rendah yang konsisten. Namun, jika terlalu lama pun daging akan alot dan kering karena seluruh air di dalamnya akan menguap. Untuk itu perhatikan waktu masak Anda.

"Untuk setiap 1,5 kilogram daging sapi sandung lamur membutuhkan proses pengasapan selama satu jam di suhu 92 derajat Celcius," ujar Albert.

Olah daging matang dengan benar

Daging yang baru matang sebaiknya tidak langsung dipotong-potong. Suhu bagian dalam daging masih cenderung tinggi sehingga beberapa saat setelah diangkat, daging masih melanjutkan proses pematangan. Jika langsung dipotong-potong makan air di dalamnya akan terbuang dan hasilnya daging menjadi tidak juicy. 

Perhatikan pula cara memotong daging. Ya, Anda tidak bisa memotongnya asal-asalan, melainkan harus berlawanan dengan arah serat daging. Jika tidak, daging pun akan terasa alot saat disantap.

Kreasikan cara penyajian

Siapa bilang daging barbekyu hanya bisa disantap begitu saja? Daging barbekyu jika dimasak dengan benar akan sangat lembut dan mudah disuwir sehingga bisa Anda jadikan isian sandwich atau burger. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya