Jangan Rebus Daging Sebelum Dibakar

Steak Wagyu
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Saat memasak daging dengan dibakar atau panggang, banyak orang yang khawatir daging akan kurang matang atau teksturnya alot. Itu sebabnya mereka memilih untuk merebus daging lebih dulu.

Mendag Kejutkan Pedagang Pasar di Tangerang

Menurut pemilik sekaligus chef Holy Smokes, Albert Wijaya, ketika daging, baik itu daging sapi atau ayam direbus terlebih dahulu sebelum dibakar atau dipanggang, teksturnya memang menjadi empuk walaupun hanya dibakar sebentar. Itu karena daging sudah mencapai kondisi setengah matang atau bahkan seringkali sudah matang saat direbus. Namun, cita rasa dagingnya cenderung berkurang karena air yang terkandung di dalam daging telah keluar.

"Nutrisi daging juga akan keluar dan diserap oleh air rebusan," ujar Albert saat ditemui beberapa waktu lalu.

Jokowi Minta TNI-Polri Turut Tangani Lonjakan Harga Daging

Ia menambahkan, lemak daging yang membawa banyak cita rasa saat daging dibakar juga cenderung telah meleleh saat direbus.

"Padahal saat dibakar, lemak yang terkaramelisasi itu yang memberikan kelezatan tersendiri pada daging bakar atau barbekyu," ujarnya menambahkan.

Ini Strategi Bulog Stabilkan Harga Daging Sapi

Albert mengatakan, merebus daging sebelum dibakar atau dipanggang merupakan proses memasak yang berlebihan. Ia menyarankan untuk membakar daging mentah yang belum dimasak sama sekali. Tak perlu khawatir tekstur daging akan alot.

"Pastikan daging dimasak dengan suhu rendah dan dalam waktu yang lama," ujarnya menerangkan.

Jika ingin daging lebih cepat matang, Anda bisa memotong-motong daging dengan ukuran yang lebih kecil.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya