Cara Memanggang Sayur yang Tepat Agar Tetap Sehat

Ilustrasi memanggang sayuran.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tujuh Kulit Sayuran Ini Bermanfaat Merawat Kulit
- Memanggang atau membakar sayuran merupakan salah satu cara unik yang bisa Anda coba untuk menyajikan sayuran. 

Awal Tahun, Harga Sayuran di Aceh Meroket
Cara ini biasanya cukup ampuh untuk menarik mereka yang tidak menyukai sayuran. Sebab, memanggang sayuran membuat sayuran lebih enak dan tidak banyak kehilangan gizi. 

4 Tips Mencuci Buah dan Sayur Agar Terbebas Pestisida
Untuk itu, diperlukan beberapa cara yang harus diperhatikan, berikut ulasannya dilansir laman Boldsky.

Cuci sayuran 

Hal ini penting untuk mencuci sayuran sebelum mengonsumsi. Air membantu menghilangkan residu pestisida dan warna buatan pada sayuran.

Iris sayuran

Ada cara-cara tertentu di mana Anda perlu untuk memotong sayuran. Memotong bawang dan dibentuk bulat, juga terung memerlukan perkiraan khusus. Iris paprika merah dan kentang untuk memanggang lebih mudah.

Rendam dengan air dingin

Memanggang sayuran haruslah dengan cara yang sehat dan sempurna, disarankan untuk merendam sayuran kedalam air dingin. Ini akan mampu menghilangkan kelembapan dari sayuran dan mencegah sayuran dari kekeringan di atas kompor saat memanggang.

Gunakan minyak zaitun

Sebelum melakukan pemanggangan dengan minyak, Anda harus memberikan minyak zaitun untuk menjaga tekstur sayuran. Jangan gunakan terlalu banyak karena akan mengurangi jumlah kalori.

Jangan memanggang terlalu lama

Saat memanggang sayuran di atas kompor dan panggangan jangan terlalu lama setidaknya sampai 10 menit. Gunakanlah garpu untuk mengaduk sayuran dan melihat tingkat kematangan Sayuran yang padat seperti kentang dapat memakan waktu lebih lama untuk memasak, jadi bersabarlah.

Jagalah rasa alami

Ketika Anda memanggang sayuran, Anda dapat mempertahankan rasa alami dari sayuran. Panas dari panggangan sayuran membuat gula alami dalam sayuran melumer, sehingga memancarkan rasa yang berbeda daripada ketika direbus atau dikukus.

Selain itu, memanggang sayuran dapat menghasilkan banyak protein. Menurut para koki memanggang jauh lebih menghasilkan banyak vitamin dan nutrisi bila dibandingkan dengan metode memasak lainnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya