Manfaat Baru Kacang-Kacangan: Perpanjang Usia

Ilustrasi kacang almond
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
- Kacang almond, Brazil, hazelnut, macadamia, pecan, pinus dan pistachio telah lama dijuluki sebagai jenis kacang-kacangan yang menyehatkan jantung. Namun, sebuah studi baru memberikan bukti mengenai manfaat lain deretan kacang-kacangan ini.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Dilansir dari Food World News, kacang-kacangan tadi ternyata juga mampu memperpanjang usia dengan menurunkan risiko kematian seseorang hingga 20 persen.

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh
"Ada persepsi umum yang mengatakan bahwa jika Anda mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan, Anda akan gemuk. Hasil kami menunjukkan sebaliknya," ujar Dr. Ying Bao dari Brigham and Women's Hospital di Boston, Amerika Serikat.

Studi melibatkan konsumsi kacang-kacangan dan angka kematian pada 76.464 wanita dan 42.498 pria.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengonsumsi kacang-kacangan, orang yang mengonsumsi kacang sebanyak satu ons atau tiga sendok makan, minimal tujuh kali setiap minggu memiliki risiko kematian 20 persen lebih rendah.

"Orang yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan juga cenderung lebih langsung dan memiliki gaya hidup yang sehat seperti tidak merokok dan rajin berolahraga," ujar Bao.

Namun, menurut Dr. david Katz, direktur Prevention Research Center di Yale University yang tidak terlibat dengan studi tersebut mengatakan, studi tidak dapat membuktikan secara jelas bahwa konsumsi lebih banyak kacang mampu memperpanjang usia seseorang.

"Salah satu alasan penting yang potensial mengapa kacang-kacangan menurunkan risiko penyakit dan kematian adalah ketika seseorang menyantap kacang dalam diet sehari-hari, mereka cenderung tak lagi menyantap makanan-makanan kecil yang kurang bernutrisi," ujar Katz.

Menurut studi tersebut, kacang-kacangan mengandung nutrisi yang sangat sehat seperti lemak tak jenuh, protein berkualitas tinggi, vitamin-vitamin seperti vitamin E, folat dan niacin, mineral seperti magnesium, kalsium, potasium dan phytochemical.

Sebelumnya begitu banyak studi yang telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang mampu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker usus besar.

Studi tersebut telah dipublikasikan di new England Journal of Medicine.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya