Ini Bahan Ideal Konsumsi Salad

Salad dengan minyak zaitun
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
Semakin tinggi kesadaran masyarakat dunia akan gaya hidup sehat, membuat hidangan seperti salad menuai popularitas yang kian melambung.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Bahkan, kini banyak restoran yang dilengkapi dengan bar salad, membuat pengunjung dapat memilih sendiri bahan-bahan hidangan salad yang mereka sukai.
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade


Namun, Anda tetap harus berhati-hati, karena tidak semua salad memiliki manfaat sehat yang sama. Salah-salah menambahkan bahan, malah dapat membuat salad Anda penuh akan kalori dan, bahkan lemak.


Untuk itu, penting untuk mengetahui apa saja bahan-bahan pembuat salad yang ideal.


Dilansir dari
Food World News,
menurut penulis buku 'The MD Factor Diet', Caroline Cederquist, sayur-sayuran yang memiliki tekstur renyah seperti mentimun, seledri, wortel, kale, selada, dan paprika adalah bahan pembuat salad yang mengandung kadar vitamin, serta serat yang tinggi.


"Mereka membuat Anda merasa kenyang dan sensasi mengunyah sayuran yang renyah membantu Anda lebih menikmati makanan," ujar Cederquist.


Ia juga mengatakan bahwa makanan tinggi protein seperti dada ayam, tuna, ikan berdaging putih dan putih telur dapat ditambahkan ke dalam hidangan salad sehari-hari.


Itu, karena protein akan membuat salad menjadi menu seimbang yang mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan menjaga otot.


"Kacang-kacangan, keju, dan buah-buahan kering juga dapat membuat salad menjadi makanan yang menyenangkan untuk disantap, namun hati-hati karena mereka menambah asupan kalori," kata dia.


Untuk itu, Cederquist menyarankan untuk menambahkan hanya sedikit bahan-bahan tadi. Jangan lupa bahwa sayur-sayuran dan protein adalah bahan utama salad Anda.


Selain salad, ia juga mengatakan bahwa banyak cara memasak buah-buahan dan sayur-sayuran yang tak kalah lezat seperti muffin isi sayur, omelet, pasta dengan sayur pesto, smoothies, sup dan pizza yang sehat dengan topping sayur-sayuran.


"Anda tak akan merasa sedang mengonsumsi sayur-sayuran," ujar Cederquist. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya