Juri Master Chef Australia Terinspirasi Rujak Indonesia

Juri Master Chef George Calombaris Arnold Poernomo
Sumber :

VIVA.co.id - Juri Master Chef Australia, George Calombaris, kembali datang ke Jakarta. Dia mengaku selalu mendapat inspirasi untuk membuat resep-resep baru setiap kali pergi ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

“Saya sudah beberapa kali datang ke Indonesia. Negeri ini selalu mengundang inspirasi kepada saya untuk membuat resep baru karena aneka ragam masakannya yang kaya bumbu,” kata Calombaris saat memenuhi undangan Duta Besar Australia, Paul Grigson, untuk datang ke rumah dinasnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam, 8 Agustus 2015.

Dia mengatakan, karena kaya bumbu rempah-rempah, kuliner nusantara rata-rata terasa pedas. “Tapi saya suka itu. Orang-orang Australia pun suka makanan pedas hingga kadar tertentu,” kata Calombaris kepada para hadirin sambil ditemani juri Master Chef Indonesia, Arnold Poernomo.

Ditanya apa kuliner Indonesia yang saat ini bisa menginspirasi dia untuk membuat resep baru, Calombaris langsung mantap menjawab, rujak. “Saya suka melihat bagaimana aneka buah dicampur dengan bumbu-bumbu yang membuat rasanya macam-macam.

MasterChef Asia Siap Sajikan Masakan Nusantara

"Pedas dan segar. Hidangan ini bisa memunculkan ide bagi saya untuk meramu resep baru,” kata pemilik sejumlah restoran di Kota Melbourne itu.

Secara filosofis, dia pun mengaku bahwa carut-marutnya Jakarta sebenarnya bisa mengundang inspirasi baru bagi para juru masak seperti dia.

“Memang lalu lintas Jakarta terkesan kacau, tapi tetap terkendali. Tapi saya suka situasi carut-marut itu, menandakan semangat dan cita rasa yang beragam,” kata Calombaris. (ase)

Rujak Shanghai
Rujak Pala di Tepi Pantai Natsepa.

VIDEO: Segarnya Rujak Pala di Tepi Pantai Natsepa

Rujak ni telah hadir sejak tahun 1800-an.

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2015