Tips Aman Menggunakan Pisau Dapur

Wanita masak di dapur.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pria Ini Tewas Ditikam di Depan Mantan Istri
- Dalam dunia juru masak profesional, pisau dapur adalah alat yang wajib dimiliki semua juru masak. Bahkan mereka begitu merawat dan menjaga kualitas pisau-pisau dapur yang biasanya disimpan di sebuah kantong khusus berisi berbagai jenis pisau dengan kegunaan yang berbeda-beda.

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa
Itu karena pisau yang baik akan memudahkan mereka dalam menyiapkan bahan-bahan masakan.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Menurut Chef Shuichi Osawa, juru masak asal , orang yang gemar memasak dan ibu rumah tangga patut mengetahui serba serbi mengenai pisau. Perlu diperhatikan bahwa pisau yang tumpul justru berbahaya untuk digunakan saat memasak.

Pisau tumpul akan membuat Anda mengeluarkan usaha lebih keras untuk memotong bahan makanan yang kemudian membuat Anda tidak fokus sehingga kemungkinan untuk melukai tangan akan lebih besar.

"Dengan menggunakan pisau yang tajam, tanpa menggunakan kekuatan berlebihan Anda sudah dapat memotong bahan makanan dengan mudah. Tapi tetap Anda harus berhati-hati menggunakannya," ujar Chef Osawa saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan bahwa dalam memasak hidangan , memiliki pisau yang tajam adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, juru masak Jepang selalu rutin mengasah pisau dapur mereka.

Baca juga: 

Terdapat beberapa perbedaan antara pisau Jepang dan pisau yang biasa digunakan juru masak Eropa.

"Pisau Jepang dan pisau Barat memiliki mata pisau yang berbeda. Juru masak Jepang memiliki pisau yang hanya memiliki satu mata pisau. Pembuatan pisau ini memang sengaja disesuaikan dengan budaya kuliner ," ucap Chef Osawa.

Ia juga mengatakan bahwa di Jepang terdapat dua jenis batu yang digunakan untuk mengasah pisau, yaitu batu asah alami dan buatan. Alat pengasah pisau pun dibedakan menjadi tiga jenis tergantung teksturnya mulai dari kasar, sedang dan halus.

Alat pengasah dari batu bertekstur kasar bisa digunakan untuk mengasah pisau yang sudah agak rusak. Sementara yang teksturnya halus digunakan untuk menghasilkan pisau yang berkilau seperti kaca.

"Tujuan dibuat mengkilap adalah agar pisau tidak karatan jadi tahan lama," kata dia.

Chef Restoran Sana Sini, Pullman Jakarta Indonesia itu juga memberikan tips mengasah pisau yang tepat.

Menurut dia, batu asah harus dibasahi dengan air terlebih dahulu agar licin sehingga aman untuk mengasah pisau. Selain itu batu asah juga sebaiknya diletakkan di atas kanebo, supaya saat mengasah pisau, batu tidak bergerak ke sana kemari dan berisiko melukai tangan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya