Tips Membuat Sushi Roll di Rumah

Sushi roll
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha
VIVA.co.id
Sushi-sushi Ini Berharga Jutaan Rupiah
- Restoran saat ini makin menjamur di Jakarta. Berbagai menu khas Negeri Sakura pun ditawarkan. Namun, sushi tampaknya masih menjadi favorit masyarakat Ibu Kota.

Uniknya Sushi dengan Model Santa
Nah, jika Anda penggemar sushi, sesekali tak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. 

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak
Baca juga: 

Tak perlu khawatir, karena Anda bisa menyimak delapan tips membuat sushi roll dari Chef Shuichi Osawa dari Restoran Sana Sini, Pullman Jakarta Indonesia berikut ini.

1. Menurut Chef Osawa, nasi harus difermentasi terlebih dahulu sebelum dibuat sushi. Untuk itu, Anda bisa menambahkan cuka ke atas nasi hangat dan mengaduknya sampai rata.

"Perbandingan cuka dan nasinya adalah 1:10. Setelah diaduk, diamkan nasi sampai dingin agar mudah diolah menjadi sushi," ujar Chef Osawa saat ditemui beberapa saat lalu.

Ia juga mengatakan, saat mengaduk nasi, hati-hati agar nasi tidak hancur atau benyek.

2. Chef Osawa mengatakan, beras Indonesia memang kurang lengket jika dibandingkan dengan beras . Namun, Anda tetap bisa menggunakan beras lokal untuk membuat sushi. Anda bisa membuatnya menjadi lebih lengket dengan menambahkan bubuk agar-agar berwarna bening saat memasak nasi.

3. Di Jepang, nasi sushi difermentasi di dalam wadah yang terbuat dari kayu. Hal itu dikarenakan kayu mampu menyerap cairan berlebih sehingga nasi pun tidak terlalu lembek.

4. "Di , kami biasa mendinginkan nasi dengan cara membawanya ke pinggir wadah sambil dikipas-kipas," kata Chef Osawa menambahkan.

5. Saat akan mulai membuat sushi roll, ingat bahwa dalam menggunakan nori atau rumput laut kering untuk pembungkusnya, Anda harus memastikan bahwa bagian yang teksturnya halus merupakan bagian luar. Sedangkan bagian yang sedikit kasar berada bagian dalam.

6. Chef Osawa juga mengatakan bahwa tak hanya sushi roll biasa, Anda juga bisa mencoba membuat futo maki, sushi roll tebal dan ura maki, sushi roll uang dibuat terbalik dengan lembar nori di bagian dalam dan nasi di bagian luar.

7. "Pastikan Anda memakai sarung tangan plastik saat akan membuat sushi. Jangan lupa untuk membasahi jari tangan dengan sedikit air agar nasi tidak menempel ke tangan," jelas Chef Osawa.

8. Ia mengatakan saat meletakkan nasi pada gulungan sushi roll, usahakan untuk tidak menekan-nekan nasi. Cukup ratakan menggunakan tangan. Selain itu, ketebalan nasinya pun harus sama.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya