Menyiasati Pembuatan Sushi dengan Beras Lokal

Sushi tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Sushi-sushi Ini Berharga Jutaan Rupiah
- Membuat sushi di rumah adalah salah satu cara asyik yang dapat dilakukan para penggemar kuliner .

Mencicipi Sushi Autentic, Sushi Asli dari Jepang
Dengan membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mengkreasikan berbagai jenis bahan. Anda juga bisa membuat sushi halal tanpa menggunakan mirin atau sake manis.

Ini Beda Sushi Jepang dan Kimbab Korea
Nasi menjadi elemen yang penting dalam membuat sushi. Nasi yang paling baik digunakan tentu saja yang terbuat dari beras Jepang yang butirannya lebih besar dari beras lokal. Teksturnya pun lebih elastis dan lengket, sehingga mudah dibentuk.

Baca juga:

Nah, jika Anda ingin membuat sushi di rumah, namun tidak memiliki beras Jepang, beras lokal pun bisa Anda gunakan dengan beberapa tambahan bahan agar membuatnya lengket. Itu disampaikan oleh Chef Shuici Osawa, juru masak asal .

"Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati nasi lokal agar lengket seperti nasi sushi Jepang," ujar Chef Osawa saat ditemui beberapa waktu lalu.

Untuk mengetahuinya, simak tiga cara yang bisa Anda lakukan berikut ini.

1. Cara pertama adalah dengan menggunakan beras lokal dan menambahkan bubuk agar-agar instan. Namun, pastikan Anda memilih bubuk agar-agar yang berwarna putih atau transparan. Ini adalah cara paling mudah untuk membuat nasi sushi menjadi lengket layaknya nasi Jepang.

2. Anda juga bisa menggunakan beras lokal seperti rojolele yang teksturnya pulen dan lembut dengan mencampurnya dengan beras ketan. Perbandingan antara beras lokal dan beras ketan sekitar 10:1. Dengan begitu hasil nasi Anda pun akan menyerupai nasi Jepang yang lengket, sehingga mudah dibentuk menjadi sushi.

3. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan sedikit menambahkan gula. Selain itu, beras bisa direndam dulu dengan air sebelum mulai dimasak.

"Jadi setelah dicuci, berasnya direndam dulu di dalam air selama beberapa menit. Itu juga bisa membuat nasi jadi lengket," ucap Chef Osawa. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya