Tujuh Kulit Buah Ini Ternyata Aman Disantap

Ilustrasi buah apel
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
Saat makan menyantap buah-buahan, hal pertama yang Anda lakukan adalah mengupas dan membuang kulitnya. Padahal, banyak ahli kesehatan yang mengatakan bahwa hal itu sama dengan menyia-nyiakan sebagian besar nutrisi buah tersebut.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

Ya, kulit buah-buahan memang mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Dengan mengonsumsinya, Anda menambah asupan vitamin dan protein ke dalam tubuh.
RESEP: Smoothies Pelangi Segar Ala Sisca Soewitomo


Tak hanya itu, berbagai kulit buah juga dapat membantu Anda mencegah dan menyembuhkan sejumlah penyakit. 

Tak percaya?


Berikut ini adalah tujuh kulit buah yang sehat dan aman untuk dikonsumsi seperti yang dilansir dari
Boldsky.

Jeruk


Kulit jeruk mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Mengonsumsinya akan membantu Anda terhindar dari penyakit jantung. Kulit jeruk juga mampu meningkatkan kesehatan oral, melegakan sistem pernafasan, mencegah konstipasi dan perut mulas.


Delima

Kulit buah delima yang tebal jika dikonsumsi akan membantu mencegah sakit tenggorokan. Selain itu, kulit buah berwarna merah ini juga baik untuk mengobati masalah gusi akibat kekurangan zat besi.


Pisang


Kulit pisang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh banyak ahli kesehatan. Bahkan, kulit pisang mengandung lebih banyak serat dibandingkan daging buah pisang. Kulit buah ini mengandung asam amino yang dinamakan trytophan yang lebih terkonsentrasi tinggi daripada daging buah pisang. Kulit pisang juga dapat menyembuhkan infeksi mata.


Apel


Tahu kah Anda bahwa nutrsisi utama yang terkandung dalam buah apel ada di bagian kulitnya? Ya, kulit apel kaya akan flavonoid, zat kimia yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker.


Lemon


Kulit lemon begitu kuat dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam sekejap. Mereka juga mengandung salvestrol Q40 dan limonene, kandungan yang mampu melawan kanker. Antioksidan tersebut juga akan menyapu seluruh racun dalam tubuh serta menurunkan stres.


Kiwi


Jangan ragu untuk mengonsumsi kulit buah kiwi. Kulit buah ini mengandung lebih banyak flavonoid, antioksidan dan vitamin C daripada daging buahnya.


Mangga


Kulit mangga terkenal dengan kemampuannya melawan diabetes, kanker dan bahkan penyakit jantung. Kulit buah ini juga sangat kaya akan karotenoid, polifenol, omega-3, omega-6 dan poli asam lemak tak jenuh.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya