Enam Makanan yang Hampir Tidak Bisa Kedaluwarsa

Ilustrasi beras
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Makanan segar memberikan cita rasa dan manfaat kesehatan yang maksimal. Semakin lama Anda menyimpannya, semakin berkurang kesegaran dan kandungan nutrisi di dalamnya.

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade

Itu sebabnya, semua makanan terutama makanan dalam kemasan yang Anda beli di pasar atau supermarket memiliki tanggal kedaluwarsa.

Namun, ternyata terdapat sejumlah makanan yang tahan dalam waktu sangat lama. Bahkan beberapa di antaranya terbilang tidak akan mengalami kedaluwarsa.
Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Berikut ini enam makanan yang hampir tidak bisa kedaluwarsa seperti dilansir dari Mental Floss.
Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

Beras

Studi yang pernah dilakukan mengungkap bahwa beras putih akan menjaga kandungan nutrisi dan cita rasa di dalamnya hingga 30 tahun lamanya. Tapi jika disimpan di dalam kontainer bebas oksigen dengan suhu di bawah 4,4 derajat Fahrenheit. Sedangkan beras merah tidak mampu bertahan selama beras putih yakni, hanya sekitar enam bulan, karena kandungan minyak alami yang ada di lapisan bagian dalam.

Madu

Madu telah lama dijuluki sebagai satu-satunya makanan yang akan bertahan selamanya berkat keajaiban cara kerja lebah. 

Nektar dari bunga bercampur dengan enzim di dalam lebah yang mengekstraknya dan mengubah komposisi nektar kemudian mengelompokkannya menjadi gula sederhana yang disimpan di dalam sarang. 

Aksi sayap lebah yang membuat efek 'mengipas' mengakibatkan enzim dari perut mereka menghasilkan cairan yang bersifat sangat asam dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Proses pengolahan dan penyegelan juga menambah usia simpan madu. Meskipun rendah kelembaban, gula madu merupakan higroskopis, yang berarti bahwa mereka mengambil kelembaban dari udara.

Ketika madu dipanaskan dan disegel dengan benar, kelembaban tidak dapat diserap dan madu akan tahan selamanya. Stoples berisi madu tertua di dunia bahkan diyakini berusia 5.500 tahun.

Garam

Sodium klorida yang terkandung di dalam garam merupakan mineral yang diambil dari bumi. Itu yang membuat garam tahan disimpan bertahun-tahun lamanya. Garam juga telah digunakan untuk memfermentasi dan mengawetkan berbagai jenis makanan.

Kecap

Walaupun merek dan tipe kecap yang berbeda memiliki waktu kedaluwarsa yang berbeda pula, namun secara umum kecap mampu bertahan dalam waktu lama. Bahkan ketika kemasan sudah dibuka, kecap tetap dapat tahan lama jika disimpan di dalam lemari es.

Gula

Metode penyimpanan menentukan ketahanan gula Anda. Gula bubuk dan gula pasir harus disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat untuk mencegah kelembaban. 

Susu bubuk

Walaupun cita rasa susu bubuk tidak selezat susu cair biasa, namun susu ini sangat tahan lama. Bahkan susu bubuk dibuat karena manusia mencari cara menyimpan susu yang jauh lebih lama. Susu bubuk juga lebih mudah dipindahkan dan disimpan daripada susu cair. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya