Lima Alasan Memasak dengan Gula

Ilustrasi gula
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
- Siapa bilang menambahkan gula ke makanan hanya untuk membuatnya manis? Gula memiliki fungsi yang lebih jauh dari sekadar memberi rasa manis.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Itu diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan dan telah dipublikasikan di jurnal Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety.

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh
Berikut ini adalah lima kegunaan gula untuk memasak seperti yang dilansir dari Times of India.

Cita rasa

Rasa manis gula meningkatkan cita rasa banyak makanan. Itu sebabnya Anda tak perlu menggunakan MSG untuk memasak. Selain itu, gula juga memainkan peranan penting dalam membantuk profil rasa makanan dengan berinteraksi bersama bahan-bahan lain untuk meningkatkan atau mengurangi rasa tertentu.

Warna

Reaksi Mailard merupakan reaksi kimia antara asam amino dan pengurangan gula yang membuat makanan berwarna coklat keemasan memiliki cita rasa tertentu. Karamelisasi pun menjadi dasar pembentukan warna dalam beberapa produk makanan dan tidak bisa terjadi tanpa penambahan gula.

Tekstur

Gula juga mampu membentuk tekstur makanan. Ini karena gula memengaruhi beberapa reaksi kimia yang membentuk tekstur seperti makanan yang dipanggang, es krim, permen, selai, manisan, agar-agar dan sebagainya.

Fermentasi

Fermentasi adalah proses di mana mikroorganisme dalam ketiadaan oksigen mampu menghasilkan energi dengan mengoksidasi karbohidrat, seperti gula. Gula membantu banyak fermentasi produk makanan dan minuman mulai dari yoghurt, cuka, krim asam, wine, bir, roti, keju kecap dan masih banyak lagi.

Tahan lama

Gula juga mampu mengawetkan makanan secara alami. Sifat higroskopisnya memainkan peran penting dalam mengurangi aktivitas air dalam makanan. Gula juga mencegah makanan yang dipanggang menjadi kering dan memertahankan buah-buahan beku dan kenyal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya