Empat Manfaat Serbaguna dari Saus Tomat

Ilustrasi saus tomat
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Berbicara tentang manfaat serbaguna, saus tomat adalah salah satu yang memiliki banyak manfaat, selain kegunaan utamanya, yakni sebagai pendamping dan penambah rasa pada makanan.

Inovasi Saus Tomat yang Menyerupai Keju Lembaran

Beberapa manfaatnya, bahkan tak pernah Anda sadari dan ketahui sebelumnya. Apa saja manfaat serbaguna dari saus tomat? Simak ulasannya sebagaimana dilansir dari laman Daily Mail. 

Masker wajah
Enam Kebiasaan Membersihkan Rumah Setiap Pagi

Kandungan lycopene dalam tomat, sudah diketahui sebagai pemberi nutrisi baik untuk wajah, begitu pun kegunaannya dalam bentuk saus tomat. Anda bisa menggunakan saus tomat sebagai masker wajah yang menambah kelembutan kulit dan menjaga kecerahannya. 
Cara Membersihkan Alat Masak Tanpa Merusaknya

Menutrisi rambut

Kebaikan dari saus tomat, bisa juga bermanfaat untuk perawatan rambut Anda. Dengan kandungan asam dalam saus tomat, rambut menjadi lebih halus dan lembut, serta terlihat lebih berkilau. Namun, waspadalah, karena penggunaan saus tomat pada rambut bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala yang menimbulkan ketombe. 

Membersihkan wajan

Lengket dan kerak pada wajan, adalah masalah yang cukup menyebalkan bagi para ibu. Namun, tak perlu lagi cemas, karena masalah Anda dapat diatasi hanya dengan beberapa tetes saus tomat. Cukup oleskan saus tomat ke bagian wajan yang lengket dan berkerak, lalu bersihkan dengan menggunakan spons. Bilas dengan air bersih dan dapatkan kembali wajan yang bersih dan mengkilat. 

Melawan sengatan serangga

Sengatan serangga maupun gigitan nyamuk, adalah hal yang ingin dihindari, karena rasa gatal tak nyaman yang Anda rasakan setelahnya. Namun tak usah cemas, karena saus tomat bisa menjadi senjata pelawan sengatan serangga dan gigitan nyamuk tersebut. Karena, kandungan garam dalam saus tomat bisa meredakan peradangan dan membuat gatal hilang. Namun, hati-hati terhadap penggunaannya, karena bisa juga menyebabkan iritasi pada kulit. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya