Enam Cara Tepat Cuci Buah dan Sayur

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :

VIVA.co.id - Mencuci buah dan sayur sebelum mengolah, atau mengonsumsinya sangat penting. Hal ini akan membantu mencegah keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri seperti salmonella, listeria, dan e.coli.

Ladang Pertanian Ini akan Dioperasikan Penuh oleh Robot

Mencuci produk buah dan sayur juga akan menghilangkan residu pestisida dan segala bakteri, serta kotoran yang menempel.

Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan hal ini dan mencuci buah, serta sayur mereka dengan asal, tanpa mengetahui risiko terburuknya.

Untuk itu, simak enam cara tepat mencuci buah dan sayur seperti yang dilansir dari Boldsky berikut ini:

1. Gunakan air hangat

Untuk menghilangkan lapisan lilin di permukaan buah dan sayur, Anda harus mencucinya dengan air hangat. Namun, pastikan untuk menggunakan air yang tidak terlalu panas, melainkan cukup suam suam kuku.

Untuk memastikan lapisan lilin benar-benar hilang, Anda juga bisa menggunakan bantuan sikat berbulu halus untuk menyikat permukaan buah dan sayur.

2. Manfaatkan cuka

Campuran air dan cuka juga sangat ampuh membersihkan buah dan sayur dari sisa-sisa residu pestisida. Untuk itu, rendam sayuran hijau, atau berdaun, serta brokoli di dalam mangkuk berisi air dan cuka setidaknya selama lima menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Sikat

Tak hanya mampu membersihkan lapisan lilin, menyikat buah dan sayur juga mampu menghilangkan lumpur, pestisida dan kotoran yang menempel. Kentang, paprika, wortel dan mentimun adalah beberapa jenis sayuran yang bisa Anda sikat tanpa merusak permukaan kukitnya.

4. Di bawah air mengalir

Buah dan sayuran dengan permukaan kulit yang tipis dan mudah rusak seperti tomat, beri serta anggur bisa Anda cuci di bawah keran, atau dengan air mengalir.

5. Keringkan

Setiap sehabis mencuci buah dan sayuran, jangan lupa untuk mengeringkan mereka dengan mendiamkan, atau mengangin-anginkannya sebentar. Khusus untuk tauge, simpan di dalam wadah tertutup dan langsung masak lain kali Anda membuka wadahnya. Itu karena tauge mudah terpapar bakteri.

6. Jangan gunakan sabun

Apa pun alasannya, jangan pernah mencuci buah dan sayur menggunakan sabun, atau bahan kimia. Perlu Anda ketahui bahwa bahan kimia mampu terpenetrasi ke dalam kulit buah dan sayur, sehingga tidak mungkin untuk dibilas hingga benar-benar bersih. (asp)

Rahasia Sehat di Balik Warna Buah dan Sayur
Ilustrasi buah dan sayur

Takut Kanker Prostat? Perbanyak Makan Sayur

Diet vegetarian telah dibuktikan mampu turunkan risiko kanker prostat.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016