Tujuh Trik Memasak Steak Empuk dan Lezat

steak
Sumber :
  • dokumen pribadi
VIVA.co.id
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
- Siapa yang menolak untuk menyantap seporsi steak lezat? Hidangan ini begitu menggugah selera dan akan membuat penggemar daging puas.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Steak sebenarnya tidak begitu sulit dimasak, asalkan Anda mengetahui beberapa trik memasak steak yang tepat.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
Berikut ini adalah tujuh cara tepat memasak steak yang empuk dan lezat seperti dilansir dari Food Beast.

1. Jangan langsung memasak daging steak yang baru dikeluarkan dari kulkas. Diamkan terlebih dahulu hingga mencapai suhu ruangan. Jika steak dimasak dalam keadaan dingin, bagian dalam steak akan masih mentah saat disantap.

2. Pastikan penggorengan atau pemanggang Anda benar-benas panas sebelum memasak daging steak. Jika tidak, Anda tidak akan bisa menciptakan reaksi Maillard, proses kimia yang membentuk lapisan luar daging menjadi renyah dan berwarna cokelat keemasan karena terkaramelisasi. Selain itu, cairan yang terkandung di dalam daging akan terbuang dan menghasilkan steak yang kering.

3. Walaupun banyak orang yang mengatakan hindari membolak-balik daging steak saat dimasak, Anda tetap bisa melakukannya beberapa kali. Ini akan sangat membantu dalam menciptakan tingkat kematangan steak medium atau medium rare.

4. Jangan takut membumbui daging dengan beragam rempah. Lumuri bumbu sebelum daging dimasak. Langkah ini akan menciptakan daging steak yang renyah di bagian luar dan bagian dalam yang lembut dan sedikit berwarna merah muda. Steak pun akan tetap juicy karena cairan daging tetap terjaga.

5. Jika Anda menekan-nekan daging dengan spatula, cairan di dalamnya serta cita rasa daging akan terbuang. Tentu hasilnya adalah steak yang kering dan alot.

6. Setelah matang, angkat steak dari penggorengan atau pemanggang dan diamkan selama beberapa saat sebelum dipotong atau dihidangkan. Itu karena bagian dalam daging masih bersuhu tinggi dan masih mengalami proses masak. Jika Anda langsung memotongnya, cairan di dalam daging pun akan terbuang.

7. Selalu potong steak berlawanan arah dengan serat dagingnya. Ini sangat memengaruhi tekstur steak Anda. Memotong berlawanan dengan serat daging membuat steak lebih empuk dan tidak alot saat dimakan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya