Studi: Alkohol Buat Anda Makan Berlebihan

Ilustrasi bartender.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
Ketahui Efek Jangka Panjang Minuman Alkohol untuk Kesehatan
- Sudah merupakan rahasia umum bahwa minuman beralkohol mampu menyebabkan obesitas. Namun, sebuah studi yang belum lama ini dilakukan mengungkapkan, alkohol tidak hanya mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi, namun juga memicu seseorang untuk makan lebih banyak.

Peneliti: Alkohol Penyebab Kanker di Beberapa Bagian Tubuh
Dilansir dari Food World News, studi itu mengatakan makan saat berada dalam pengaruh alkohol sangat tidak disarankan, karena mampu membahayakan diet dan berdampak pada hypothalamus.

DPRD Surabaya Sepakati Larangan Total Minuman Beralkohol
Hypothalamus merupakan bagian otak yang mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh dan bertanggung jawab membuat tubuh merasa lapar, haus, mengantuk hingga mengontrol gairah seksual seseorang.

Dalam studi itu, ketika seseorang meminum alkohol, tingkat ghrelin menurun, sehingga memicu tubuh merasa lapar dan makan berlebihan.

Banyak ahli dan peneliti lain yang mengatakan bahwa mengonsumsi alkohol memang membuat seseorang merasa lapar.

Meski alkohol mengandung kalori, namun ia tidak memuaskan rasa lapar tubuh, atau rasa mengidam makanan tertentu. 

Alkohol menstimulasi nafsu makan seseorang dengan meningkatkan leptin, hormon yang mengatakan pada otak untuk berhenti makan. Alkohol juga memberikan dampak negatif pada zat-zat kimia otak yang menekan nafsu makan.

Bertahun-tahun lamanya para ahli mencari cara untuk menemukan jalan keluar mengenai efek makan banyak karena alkohol ini.

"Kuncinya adalah menemukan makanan yang membutuhkan waktu untuk dimakan dan akan memberikan perhatian lebih pada kesadaran Anda bahwa Anda sedang berada dalam pengaruh alkohol," ujar Jessica Crandall, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Menurut dia, makanan tinggi protein yang dikombinasikan dengan karbohidrat kompleks adalah makanan terbaik yang akan membantu Anda merasa lebih kenyang, contohnya semangkuk sayuran dengan hummus.

Tak hanya itu, menyantap makanan sebelum mengonsumsi alkohol juga dikatakan merupakan cara yang bagus, agar tidak makan berlebihan saat berada dalam pengaruh alkohol. Apalagi, fakta bahwa mengonsumsi makanan sehat sebelum minuman alkohol mampu mengurangi efek racunnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya