Studi: Kopi Bantu Sembuhkan Jet Lag

Kopi/cappuccino.
Sumber :
  • REUTERS/Noor Khamis/Files
VIVA.co.id
Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini
- Dua sloki espresso ternyata mampu mengulang jam alami tubuh hingga satu jam dan dapat menyembuhkan jet lag. Itu diungkapkan oleh para peneliti melalui studi yang belum lama ini dilakukan di University of Colorado dan Medical Research Council di Cambridge.

Menguak Masa Lalu Aktor Hong Kong, Pakho Chau Phobia Lift
Studi yang dipublikasikan di jurnal Science Translational Medicine menjelaskan bagaimana dampak kafein pada ritme sirkadian atau jam alami tubuh. Demikian dilansir dari Food World News.

Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera
"Ini adalah studi pertama yang menunjukkan kafein, obat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia memiliki dampak pada jam sirkadian," ujar Profesor Kenneth Wright dari Department of Integrative Physiology di University of Colorado.

Menurut studi, kafein secara efektif mampu mengelabuhi tubuh, sehingga tubuh akan lebih baik menyesuaikan diri dengan perubahan waktu.

"Efek kafein pada tidur dan bangun tidur telah lama diketahui, namun dampaknya pada jam tubuh alami belum banyak diketahui," ujar peneliti studi Dr. John O'Neill dari MRC Laboratory of Molecular Biology.

Ia mengatakan, temuan tersebut dapat menunjukkan implikasi penting bagi orang-orang yang memiliki gangguan tidur sirkadian, di mana jam alami tubuh selama 24 jam tidak bekerja secara tepat dan bahkan bisa membantu menyembuhkan jet lag.

O'Neill menambahkan bahwa studi ini juga mampu menjelaskan mengapa orang mengalami insomnia akibat kafein, di luar fakta bahwa faktor stimulasi bahan kimia yang terkandung di dalam minuman berkafein.

"Temuan kami juga memberikan penjelasan lebih lengkap mengapa orang lebih sulit tidur, ketika mengonsumsi kopi di malam hari. Itu karena jam internal tubuh salah mengira waktu," kata dia. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya