VIDEO: Keseruan Gendang Beleq Mengiringi Nyongkolan

gendang beleq
Sumber :
  • budaya-indonesia
VIVA.co.id
Terpopuler: Identitas Pemilik Gran Max Maut, Mobil Terlaris 3 Bulan Berturut-turut
- Indonesia adalah negara yang kaya budaya, dan kekayaan itulah yang membuat tak sedikit wisatawan lokal, maupun mancanegara berminat datang berkunjung.

10 Drama Korea Baru di Tahun 2024 yang Bisa Ditonton saat Libur Lebaran

Seperti acara budaya yang ada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mereka masih menjalankan sebuah tradisi perkawinan yang disebut Nyongkolan, yang hingga kini selalu menjadi pusat perhatian wisatawan.
Gubernur Laporkan Informasi Semua Kejadian Bencana di Sumbar kepada Presiden


Suara yang mengiringi acara pernikahan ini sangat unik, karena terdiri dari beragam alat musik yang dimainkan secara bergantian oleh para seniman tradisi lokal, yang mengenakan baju kebesaran.


Gendang yang mereka mainkan pun tak biasa, karena ukurannya sangat besar, maka ia dinamakan gendang beleq, alias gendang besar. Biasanya, dalam sekali pertunjukan acara Nyongkolan, diisi oleh 20 orang pemain musik.


Dulunya, gendang beleq dimainkan untuk menjadi penyemangat bagi warga yang akan pergi berperang. Namun kini, gendang beleq dijadikan alat musik penyemangat di acara-acara adat. Ingin tahu seperti apa keseruan acara Nyongkolan yang tayang di ANTV?

 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya