Empat Kesalahan Saat Memasak Ikan

feast
Sumber :
  • Dok. Sheraton Kuta

VIVA.co.id - Ikan akan menjadi makanan yang lezat disantap, jika diolah dengan cara yang benar. Selain lezat, daging ikan juga mengandung deretan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Tak heran jika boga bahari satu ini sering diolah menjadi hidangan sehat dan dimasukkan ke dalam daftar makanan aman bagi mereka yang sedang diet.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Namun, ternyata memasak ikan tak semudah yang Anda bayangkan. Menurut Chef Heri Purnama, Sous Chef Restoran Sana Sini Pullman Hotel Jakarta Indonesia, terdapat beberapa kesalahan umum yang banyak dilakukan orang saat memasak ikan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Berulang kali membalik ikan

Saat memasak ikan dengan cara pan-fried atau menggorengnya di atas wajan, Heri mengatakan, banyak orang yang sering berulang kali membalik ikan. "Itu kesalahan umum. Kalau dibalik terus menerus daging ikan tidak akan terkaramelisasi dan sulit memberi warna kecoklatan, padahal warna itu adalah rasa," ujar Heri saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Selain itu, daging ikan juga lama kelamaan akan hancur jika terlalu sering dibalik saat dimasak. Untuk itu, ia menyarankan untuk membalik ikan cukup dua kali. Jika setengah bagian yakni dari bawah ke atas sudah terlihat matang, balik daging ikan. Masak kembali selama beberapa saat dan balik daging ikan untuk yang kedua kalinya.

Terlalu banyak bumbu

Heri juga mengatakan, seafood atau boga bahari yang segar memiliki cita rasa alami sehingga memberikan bumbu terlalu banyak dapat mendominasi rasa rempah dan menutupi kesegaran daging ikan.

"Jadi cukup dibumbui dengan garam, merica dan sedikit bumbu sesuai selera. Lalu masak dengan butter dan bisa diberi bawang putih yang sudah digeprek juga thyme untuk tambahan rasa," ujar Heri.

Api terlalu besar

Biasanya orang sering meremehkan soal besarnya api saat memasak. Nah, Heri memperingatkan bahwa memasak ikan dengan api yang terlalu besar akan membuat bagian luar daging cepat matang, sementara bagian dalamnya masih mentah.

Tidak melanjutkan proses memasak di oven

Untuk hasil daging ikan yang lembut dan matang secara menyeluruh, selalu masak ikan di dalam oven setelah selesai menggorengnya dengan cara pan-fried. "Kalau tidak punya oven, Anda bisa menutup wajan berisi ikan dengan aluminium foil dan masak selama beberapa saat. Tapi sebelumnya kecilkan dulu apinya dan beri butter serta air perasan jeruk lemon pada daging ikan."

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama

(mus)

Ilustrasi rempah

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Jangan menyimpannya di ruang terbuka atau menghadap ke arah jendela.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016