Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Minum Kopi

Kopi Luwak.
Sumber :
  • Dodi Handoko/ VIVA

VIVA.co.id - Minum kopi menjadi bagian dari rutinitas pagi bagi banyak orang di dunia. Kopi selama ini dikenal mampu memberikan energi dan konsentrasi, karena kandungan kafein di dalamnya.

Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera

Namun, ternyata kopi juga memiliki manfaat lainnya seperti menyembuhkan diabetes, penyakit Parkinson, dan bahkan kanker hati.

Dilansir dari Food World News, pendiri Gourmet Focus, Dr. Owen Bain mengatakan bahwa satu cangkir kopi yang Anda konsumsi akan tetap berada di aliran darah Anda selama lebih dari 12 jam, sehingga mampu membuat jantung melambat akibat meningkatnya tekanan darah.

Tetapi, perlu diketahui bahwa asupan kopi yang berlebihan akan berdampak pada detak jantung dan mengakibatkan jantung memompa darah dua kali lebih cepat.

"Satu cangkir kopi akan terserap secara cepat ke dalam darah hanya dengan waktu 20 menit dan akan ada di dalam darah hingga lebih dari 13 jam. Meski begitu, konsumsi beberapa cangkir kopi dapat menyebabkan akselerasi detak jantung," ujar Bain.

Ia juga menambahkan bahwa kopi tidak berdampak buruk pada kekuatan otak dan memori. Faktanya, kopi bahkan mampu membangun memori yang tajam hanya dalam waktu beberapa menit setelah dikonsumsi. Sejumlah studi juga telah menunjukkan konsumsi kopi dapat mengurangi risiko menderita penyakit Alzheimer.

Mengonsumsi kopi setelah bangun tidur di pagi hari juga mampu meningkatkan produksi panas yang mampu membantu menurunkan berat badan.

"Waktu terbaik mengonsumsi secangkir kopi adalah sekitar satu jam setelah bangun tidur," ungkap Bain.

Setelah tiga jam setelah mengonsumsi kopi, efek kafein akan hilang, sehingga tubuh akan mengalami yang dinamakan coffee crash.

"Ini terjadi karena kafein di dalam kopi sebenarnya tidak membuat Anda menjadi lebih energik, melainkan hanya membuat Anda tidak begitu merasa lelah. Jadi, kecuali Anda beristirahat cukup, Anda akan mulai merasa lelah kembali," ujar Bain.

Tak berhenti di situ, kopi ternyata juga dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Banyak peneliti yang mengatakan kopi menstimulasi dopamin, hormon bahagia yang dirilis otak. Namun, patut diketahui bahwa mengonsumsi terlalu banyak kopi dapat memicu kecemasan dan rasa lelah.

"Satu jam setelah minum kopi, tingkat kecemasan seseorang akan berkurang dan suasana hati meningkat. Wanita yang rutin mengonsumsi kopi telah menunjukkan tingkat depresi yang lebih rendah," kata dia.

Toleransi Tubuh Terhadap Kafein yang Berasal dari Kopi
Penghapal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Diskon 99 persen bagi yang berulang tahun ke-99.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016