Peralatan Dapur Ini Paling Disukai Penduduk Indonesia

Nasi putih.
Sumber :
  • Ist/imgneed

VIVA.co.id - Layaknya pasta bagi orang Italia dan roti bagi orang Prancis, di Indonesia, tak lengkap rasanya makan tanpa mengonsumsi sepiring nasi hangat.

Summer Paradise Festival 2016 Siap Digelar Besok

Ya, sebagai salah satu negara dengan jumlah konsumsi beras tertinggi di dunia selain Jepang dan Tiongkok, Indonesia memang telah lama bergantung pada beras sebagai bahan pangan pokok.

Sejarah kuliner Indonesia juga menunjukkan, sebagian besar masakan Indonesia terbuat dari nasi atau dimasak sebagai pendamping nasi.

Konsumsi beras di Indonesia memang masih paling tinggi di antara negara-negara Asia lainnya. Survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Perdagangan menunjukkan, bahwa konsumsi beras, baik itu rumah tangga dan restoran, mencapai 114 kilogram per tahun. Sebagai perbandingan, rata-rata konsumsi beras di Asia adalah 90 kilogram per tahun.

Tentu saja di zaman modern ini, peranti masak canggih seperti rice cooker yang cepat dan mudah telah menjadi alat masak wajib bagi para ibu rumah tangga. "Sebanyak 10 juta rice cooker terjual di Indonesia setiap tahun. Rice cooker memudahkan proses memasak nasi yang zaman dahulu terbilang cukup panjang," ujar Maria Veronica Simanjuntak, Marketing Manager Philips Personal Health saat ditemui di acara Festival Nasi dan Peluncuran Rice Cooker Philips di Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu, 30 September 2015.

Festival Kuliner Prancis Digelar Serentak di Dunia

Menurut survei yang dilakukan Philips, orang Indonesia rata-rata memasak nasi satu kali dalam sehari. "Biasanya orang Indonesia itu memasak nasi cukup sekali dalam sehari, tapi sekali memasak, beras yang digunakan cukup banyak. Jadi bisa untuk makan seluruh anggota keluarga selama seharian," ucap Maria.

Meski begitu, masih menurut survei yang sama, konsumen Indonesia biasanya memilih rice cooker berdasarkan material atau bahan pancinya. "Sebanyak 85 persen konsumen membeli rice cooker karena material panci di dalamnya. Karena kalau mudah tergores kan bisa berbahaya jika nasi yang dimasak dikonsumsi."

Sementara, harga adalah hal kedua yang menjadi pertimbangan konsumen saat membeli rice cooker.

Begini Cara Warga Rayakan Festival Jenang Solo

(mus)

Kolaborasi Chef di Best Flavor of The World

Mencicipi Es Krim Nasi Uduk di 'Best Flavor of The World'

Ini adalah hasil kolaborasi sejumlah chef berbakat

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016