Cara Mengatasi Mimpi Buruk pada Anak

ilustrasi anak tertidur
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Mimpi buruk sangat lazim terjadi pada anak. Sebagai orangtua, Anda harus membuat anak nyaman bila hal tersebut terjadi. Mimpi buruk pada anak bisa menghasilkan paranoid dalam hal bersikap jika orangtua tidak memperhatikannya.

Cara Nadia Mulya Disiplinkan Anak
Ketika anak bangun dan berteriak karena mimpi buruk, dia kemungkinan akan sulit untuk tidur kembali. Anak terkadang bisa menceritakan mimpi tersebut dengan nyata, Anda harus menjelaskan bahwa hal tersebut tidak nyata.

Menjelaskan Kematian pada Anak Usia Dini
Jika Anda gagal untuk membuat nyaman anak, dan mereka tetap mendapatkan mimpi buruk setiap hari, sangat penting membawa ke dokter untuk diperiksa. Tapi, sebelum hal itu dilakukan, berikut beberapa cara untuk mengatasi mimpi buruk pada anak, seperti dilansir laman Boldsky.

Bicara

Jika anak Anda mengatakan bahwa mimpi ini terjadi tidak sering, jangan khawatir, Anda bisa membuatnya nyaman dengan mengajaknya tidur bersama Anda.

Trauma

Jika mimpi tersebut mengakibatkan trauma pada anak, sangat penting untuk mengetahui apa penyebab yang membuat trauma tersebut.

Gelisah

Jika Anda melihat kegelisahan pada anak, coba untuk menjelaskan semua akan menjadi lebih baik dan monster tidak nyata di kehidupan ini. Dan jangan lupa untuk menghabiskan banyak waktu dengan anak agar mereka merasa nyaman.

Pindah tempat

Terkadang, pindah tempat tidur bisa berhasil mengatasi mimpi buruk. Ada baiknya juga untuk mengirim anak Anda ke tempat saudara untuk sementara agar mereka tidak mengingat mimpi buruknya dan bisa kembali normal tanpa mimpi buruk. 

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya