Sejuta Manfaat Kesehatan Akar Bit Merah

Buah bit.
Sumber :
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Dewasa ini, kesadaran akan kesehatan semakin tinggi terutama di kalangan masyarakat urban. Minuman-minuman sehat seperti shake dan smoothie kian digemari. Begitu pula dengan beragam diet sehat yang semakin lama semakin banyak diadopsi. 

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar
Nah, jika Anda termasuk orang yang sangat memerhatikan kesehatan dengan rutin mengonsumsi deretan makanan sehat, ada satu jenis tumbuhan yang bisa mulai Anda konsumsi dari sekarang.

Hilangkan Depresi dengan Lari
Sering disebut buah bit, tumbuhan akar berwarna merah ini biasa digunakan sebagai pewarna alami makanan, seperti kue red velvet.

Dibandingkan jenis akar lainnya, akar bit ini barangkali menjadi yang paling menyehatkan. Bit mengandung begitu banyak manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh.

Itu dikarenakan pigmen warna pada bit yang disebut betalin yang merupakan antioksidan kuat dan zat anti inflamasi. Pigmen tersebut pun mampu menstimulasi sel-sep hati agar berfungsi dengan baik serta memberikan proteksi pada saluran empedu dan hati.

Nitrat dalam bit juga memberikan sejumlah manfaat tersendiri. Saat mengonsumsinya, tubuh akan mengkonversi nitrat menjadi nitrogen monoksida atau molekul yang meningkatkan elastisitas pembuluh darah sehingga mampu meningkatkan kapasitas aliran darah serta menurunkan kadar oksigen yang dibutuhkan oleh otot-otot tubuh. Demikian dilansir dari laman Food World News.

Menurut studi yang belum lama ini dilakukan, peningkatan konsumsi akar bit mampu menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit hati dan bahkan membuat kulit juga rambut terlihat sehat. 

Bit juga sering dijuluki makanan super yang ampuh membantu menurunkan berat badan.

Bahkan, studi yang dipublikasikan di jurnal Hypertension mengungkap jus akar bit secara instan mampu menurunkan tekanan darah seseorang dengan signifikan. Para peneliti percaya itu karena kandungan nitrat yang tinggi di dalam jus bit. 

Tentu saja, bit telah menjadi obat alternatif yang sangat terjangkau bagi penderita penyakit kardiovaskular dan tekanan darah.

Tak berhenti di situ, antioksidan lain di dalam bit yakni asam alfa-lipoik sangat efektif menurunkan ringkat glukosa pada penderita diabetes. Komponen tersebut juga meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah stres oksidatif yang sering terjadi pada pasien diabetes.

Sementara kandungan serat yang tinggi pada akar bit mampu meregulasi pergerakan usus, menyembuhkam konstipasi dan mempromosikan sistem pencernaan yang sehat.

Nutrisi lain yang banyak terkandung di dal akar bit adalah kolin. Nutrisi ini sangat krusial dalam membantu tubuh untuk tidur, membantu pergerakan otot, menjaga ketajaman memori dan komprehensi. 

Kolin juga bermanfaat dalam menjaga struktur-struktur membran selular, membantu impuls juga transmisi saraf, penyerapan lemak serta menurunkan inflamasi kronis.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya