Tips Memasak Lobster dari Koki Dunia

Lobster
Sumber :
  • REUTERS/Dwi Oblo
VIVA.co.id
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
- Lobster tak diragukan lagi merupakan raja boga bahari yang sangat populer di seluruh dunia. Tak heran, jika harganya pun sangat mahal.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Di Amerika Serikat, bahkan terdapat penghargaan bagi para juru masak yang memiliki spesialisasi memasak hidangan lobster, mereka dijuluki sebagai Lobster Chef of The Year yang tak hanya diakui di AS, melainkan di secara internasional.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
Nah, sejumlah juru masak lobster terbaik tahun ini tersebut pun berbagi tips memasak lobster dengan mengungkapkan tujuh kesalahan terbesar saat memasak lobster. Berikut ini adalah beberapa di antaranya, seperti dilansir dari Huffington Post.

Memilih lobster besar

Menurut Stephen Richards, juru masak Mine Oyster di Boothbay Harbor, kesalahan terbesar dalam memasak lobster adalah memilih lobster yang ukurannya sangat besar.

"Daging lobster besar selalu lebih alot dan hampir mustahil memasaknya agar seempuk dan semanis lobster muda," ujar Richards.

Juru masak lainnya, Nick Krunkkala dari Thistle Inn, mengatakan hal senada. Menurut dia, semakin besar ukuran lobster, semakin tua usianya dan semakin alot dagingnya. 

Ia menyarankan, untuk memasak lonster muda dengan kulit yang lembut dan berat sekitar setengah kilogram. Dengan begitu, Anda tak hanya akan menghemat uang, namun juga mendapatkan daging lobster yang manis.

Lobster kurang matang

Kesalan kedua terbesar saat memasak lobster adalah memasaknya terlalu singkat, sehingga daging lobster kurang matang. Menurut Richard, daging lobster yang kurang matang cukup alot dan sulit untuk ditelan.

Membuang kulitnya

Kulit atau cangkang lobster pun sebaiknya tidak dibuang. Menurut Josh Berry, juru masak dari Portland's Union, kulit lobster sangat kaya akan cita rasa. Ia menyarankan untuk menginfus minyak dengan kulit lonster. Caranya adalah dengan menumisnya dengan sedikit minyak di atas api kecil.

"Minyak ini akan lezat digunakan untuk menumis makanan. Minyak yang telah diinfus cita rasa dalam kulit lobster juga dapat disimpan di lemari es selama sebulan," ujar dia.

Memasak terlalu lama

Isaac Aldrich, juru masak dari Sebasco Harbor Resort's memperingatkan untuk tidak memasak daging lobster terlalu lama, melainkan hanya 7-13 menit.



Menggunakan banyak bumbu

Lobster sendiri memiliki cita rasa alami yang lezat. Memasaknya dengan terlalu banyak bumbu hanya akan menutupi cita rasa alaminya. Itu diungkapkan oleh Richard. Ia mengatakan, hidangan lobster harus dibuat sesederhana mungkin agar menonjolkan rasa alaminya.

Tidak menggunakan air garam

Juru masak dari Portland's Evo, Matt Ginn, bahkan mengatakan bahwa untuk menghasilkan hidangan lobster yang lezat, Anda harus memasaknya dengan menggunakan air laut.

Membuang organ dalamnya

Saat mencuci dan membersihkan lobster, banyak orang yang cenderung membuang organ dalam lobster yang berwarna hitam. Padahal, menurut Berry, itu bukanlah hati atau pankreas lobster, melainkan telurnya. 

Organ dalam lobster berwarna hijau. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan telur lobster untuk membuat saus pendamping hidangan. 

Caranya dengan memasaknya bersama butter hingga warnanya berubah menjadi kemerahan. Itu akan memberikan cita rasa laut yang lezat pada hidangan lobster atau boga bahari lainnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya