Jadi Vegetarian Sehari di Hari Bebas Daging Sedunia

Menu vegetarian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

VIVA.co.id - Di zaman modern ini, tren kuliner sehat terus berkembang pesat. Nah, bicara kuliner sehat, kuliner vegetarian adalah salah satunya.

VIDEO: Menu Lezat di Restoran Vegetarian

Dalam rangka memperingati International Meatless Day atau Hari Tanpa Daging Sedunia yang jatuh pada 25 November 2015, akan diadakan jamuan kuliner vegetarian lewat pop up dining bernama Dapoer Divine dengan mengusung tema A Good Karma Dining.

Jamuan unik tersebut diadakan oleh The Sadu Vaswani Centre yang merupakan organisasi spiritual yang mempromosikan kehidupan yang baik, serta manfaat gaya hidup vegetarian dari sisi etika, lingkungan hidup, kesehatan serta kemanusiaan.

Enam Restoran Vegetarian Terbaik di Kuala Lumpur

Jamuan yang akan diadakan 22 November 2015 itu juga diadakan untuk memperingati 146 tahun kelahiran Sadhu T.L. Vaswani.

"Dapoer Divine adalah pop-up dining yang kami lakukan untuk mempromosikan gaya hidup sehat vegetarian," ujar Haseena Bharata, duta dan juru bicara Dapoer Divine saat ditemui belum lama ini.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Untuk jamuan pertama Dapoer Divine, restoran berkonsep fine dining bernama Lobo di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan dipilih sebagai lokasinya. Mereka juga menggandeng Chef Petty Elliot, seorang konsultan kuliner, penulis dan juru masak yang menjadi perintis hidangan Indonesia modern.

Tak hanya itu, Chef de Cuisine dari Lobo yakni Jordi Bernus dan Executive Chef dari The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan yaitu Rudolph Blattler juga turut digandeng untuk menyajikan deretan menu vegetarian lezat.

Total terdapat 11 menu vegetarian yang dibuat menjadi hidangan fusion Indonesia-Italia yang nantinya dapat dipesan oleh para tamu. Seluruhnya dibuat dari bahan-bahan organik yang segar dan tanpa menggunakan daging.

Ada lima pilihan hidangan pembuka, antara lain Trio of Bisques (soto sayuran, gazpacho dan sup jamur shitake), Bruschetta Mix Platter (tomat klasik, edamame dan jamur), Roasted Mix Vegetables with Edamame and Basil Salad with Spiced Yogurt and Honey Dressing, Roasted Arthicoke Salad with Sundried Tomato, Pinenuts and Lime Dressing dan yang terakhir adalah Warm Barley Salad with Toasted Almonds and Balsamic Dressing.

Sementara itu, untuk hidangan utama, Anda bisa memilih Fettucine with Woku Blanga Sauce, Manadonese Style Risotto with Vegetables and Basil Oil, Quatro Vegetable Pizza atau Fried Rice with Ginger Flower (kecombrang), Vegetables, Crispy Tempe and Sambal Matah.

Beralih ke hidangan pencuci mulut, Deconstructed Tiramisu bisa menjadi pilihan yang istimewa. Namun, Coconut Panna Cotta A La Indonesia tak boleh dilewatkan. Panna cotta ini tak lain dan tak bukan adalah bubur sum sum lezat yang diberi topping karamel gula merah dan kacang.

Meski bergaya fine dining, seluruh hidangan tadi juga tidak disandingkan dengan wine, karena kaum vegetarian sama sekali tidak mengonsumsi alkohol.

"Saya sangat bangga bisa menyajikan menu vegetarian Indonesia modern. Tantangannya sudah pasti adalah mencari alternatif bahan masak agar rasa makanan tetap enak, karena kebanyakan makanan Indonesia dimasak dengan terasi atau ebi," ujar Petty saat ditemui pada kesempatan yang sama.

Uniknya lagi, para tamu nantinya tidak dikenakan biaya tertentu seperti ketika makan di restoran biasa. Sesuai tema Good Karma Dining yang diusung, para tamu bisa membayar sesuai dengan harga yang mereka nilai pantas untuk makanan yang telah disantap. Seluruh dana yang terkumpul juga akan disumbangkan ke Yayasan Kanker Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya