Jenis Sayuran yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

Sayuran brokoli
Sumber :
  • reuters/News.com

VIVA.co.id - Pola mengonsumsi makanan sehat saat ini semakin banyak digandrungi masyarakat di seluruh dunia. Salah satu yang kian populer adalah pola makan makanan mentah atau yang sering disebut raw food diet.

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade

Diet tersebut hanya meliputi konsumsi sayur, buah dan kacang-kacangan dalam kondisi mentah tanpa melalui proses pemanasan sama sekali.

Meski begitu, ada beberapa sayuran yang sedikit sulit untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah karena teksturnya yang keras. Oleh karena itu, Anda hanya bisa menyantapnya dalam kondisi matang.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

Berikut ini adalah beberapa sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam kondisi mentah, seperti dilansir dari Times of India.

1. Akar dan umbi

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh

Sayur-sayuran yang berasal dari akar atau umbi-umbian seperti kentang dan lobak mengandung serat yang sangat tinggi. Begitu pula dengan vitamin. Sayuran akar yang memiliki kulit berwarna gelap memiliki lebih banyak manfaat kesehatan. Tentu saja jenis sayuran ini tidak dapat dikonsumsi mentah. Anda harus merebusnya tanpa dikupas kulitnya. Ini adalah cara terbaik untuk memertahankan manfaat kesehatannya.

2. Asparagus

Saat Anda mengukus asparagus, seluruh nutrisi di dalamnya akan terjaga sehingga sangat bermanfaat jika dikonsumsi. Asparagus juga ampuh dalam melindungi jantung serta sistem saraf. Meski begitu, hati-hati saat mengukusnya karena suhu yang tinggi mampu merusak sebagian nutrisi di dalamnya.

3. Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang umum dikonsumsi ini memiliki tekstur yang sedikit keras sehingga lebih baik untuk disantap dalam keadaan matang. Selain itu, studi yang belum lama ini dilakukan juga telah menunjukkan bahwa brokoli akan memberikan manfaat kesehatan yang jauh lebih besar jika disantap setelah dikukus daripada dalam kondisi mentah. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik bagi sel-sel tubuh dan bahkan disebut-sebut mampu melawan kanker. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya