Vertical Garden, Kebun Cantik Tanpa Tanah

Taman Vertikal
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

VIVA.co.id - Menghias dinding rumah atau kantor dengan bunga yang  indah boleh jadi merupakan impian sebagian besar orang. Peluang ini yang kemudian dibidik oleh PT Indonesia Green Wall (Indogreen Wall)
 
“Dengan tanaman vertikal bisa memperindah dan menambah nilai investasi properti. Selain itu juga mampu menyerap polusi udara Jakarta yang kotor,” ujar Yogi, ahli desain vertikal garden.

Serbuan Akuarium Unik di Jepang

Indogreen telah mengembangkan banyak tanaman vertikal. Vertikal garden merupakan konsep kebun tanpa tanah. Berlokasi di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, jasa Indogreen telah banyak dipakai oleh berbagai perusahaan dan perumahan. “Sampai saat ini kami telah mengembangkan hingga 80 jenis tanaman seperti Taiwan beauty, philodendron, anggrek dan lain-lain,” ujarnya menambahkan.

Sampai sekarang ini pelanggan Indogreen terdiri dari perumahan perumahan elit di Jakarta juga berbagai perusahaan yang memiliki kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup dan udara yang sehat. Dengan pemasangan vertical garden terbukti mampu menurunkan suhu ruangan hingga lebih dari 3 derajat celcius.

Ketika Dapur dan Kamar Mandi Dihias dengan Perabot Mewah

“Konsumen kami mulai dari perumahan sampai ke perusahaan-perusahaan yang menerapkan konsep go green. Kalau untuk perumahan, setelah pemasangan, biasanya mereka bisa merawatnya sendiri. Tapi kalau untuk di gedung perkantoran, mereka biasa memakai jasa kami untuk maintenance-nya,” ujarnya menjelaskan.

Adapun konsumen yang memakai jasa Indogreen saat ini sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Palembang, Makassar dan Bali. Dan pada dasarnya, vertical garden bisa ditanam di tembok dan di kaca. “Pelanggan terbesar kami banyaknya berada di Jakarta. Di luar Jawa ada di Palembang, Makassar dan Bali,” ujarnya.

Tips Pilih Warna Cat untuk Percantik Dekorasi Ruang

Adapun tanaman yang bisa dijadikan sebagai vertical garden biasanya tanaman yang tidak memerlukan banyak air. Dan semua tanaman itu sebenarnya berada di sekitar kita. “Meski ada juga tanaman yang butuh air banyak yang dijadikan vertical garden. Dengan menggunakan tanaman yang tak butuh banyak air, perawatannya menjadi ringan. Dan selama ini pelanggan kami banyak yang minat dengan tanaman-tanaman seperti itu,” ujarnya menerangkan.

Untuk menjaga kelangsungan hidup bisnisnya, Indogreen pun telah memiliki kebun sendiri di kawasan Depok, Jawa Barat untuk menanam berbagai macam tanaman. Di kebun itu, ada berbagai pembibitan tanaman sampai pembesaran."

Taman Vertikal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya