Enam Makanan Ini Aman Dikonsumsi Kondisi Mentah

Ilustrasi daging sapi Jepang, atau juga dikenal Wagyu.
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Yuk, Kulineran Sambil Nonton Layar Tancap di Pasar Senggol
- Sushi adalah salah satu hidangan mentah yang bisa dibilang paling populer di dunia. Daging ikan dan boga bahari lain yang dikonsumsi dalam kondisi mentah, dianggap memberikan sensasi segar dan cita rasa lezat yang luar biasa.

Foodigitalpreneur, Cara Zomato Ajak Pebisnis FnB Melek Tren Digital
Nah, bagi Anda yang belum tahu, hidangan mentah yang aman dikonsumsi tak hanya sebatas sushi. Masih banyak sejumlah makanan lain yang bisa Anda nikmati tanpa proses pemasakan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dilansir dari Food Beast. 

Akhir Pekan, Waktunya Icip-icip 5 Kuliner Yummy di Jakarta
Ayam

Di Jepang, sashimi daging ayam cukup digemari masyarakat lokal. Meski begitu, risiko mengonsumsi bakteri salmonella memang jauh lebih tinggi. Umumnya, di Negeri Sakura, ayam yang digunakan untuk membuat sashimi berasal dari peternakan organik yang menggunakan praktik proses pemotongan dan penyimpanan yang higienis.

Pala

Rempah yang masuk ke dalam jenis biji-bijian ini juga dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah. Konsumsinya tidak berbahaya selama tidak berlebihan. Jika mengonsumsinya terlalu banyak, kemungkinannya Anda akan mengalami keracunan dan dalam kasus yang parah bisa menyebabkan kehilangan memori hingga distorsi visual.

Fesikh

Ikan asal Mesir ini biasa dikonsumsi dalam kondisi mentah, namun telah melewati proses fermentasi.

Ackee

Salah satu jenis buah asal Jamaika ini memang dikenal berbahaya. Bukan daging buahnya, melainkan bijinya yang berwarna hitam yang mampu menyebabkan muntah-muntah. Namun, daging buahnya aman dikonsumsi mentah.

Steik

Steik memang makanan yang umum dikonsumsi dalam kondisi matang, atau setengah matang. Meski begitu, mengonsumsi daging sapi mentah bukanlah hal asing dalam dunia kuliner. Beberapa hidangan yang melibatkan daging sapi mentah seperti carpaccio dan steak tartare, bahkan begitu digemari di Amerika dan Eropa. Tentu saja, daging sapi yang digunakan masih sangat segar dan memiliki kualitas yang sangat baik.

Gurita

Daging gurita telah lama dikonsumsi dalam bentuk mentah di Jepang dan Korea. Masyarakat Negeri Ginseng, bahkan begitu gemar menyantap sannakji, tentakel gurita mentah yang diberi minyak wijen dan masih menggeliat saat disajikan di atas piring. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya