Mencicipi Buah-buahan Segar di Festival Buah Impor AS

Festival buah impor AS di Plaza Senayan Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha
VIVA.co.id
Cinta Tanah Air, Diaspora Indonesia di Houston Galang Dana
- Buah-buahan dan sayuran menjadi simbol gaya hidup sehat yang kini kian disadari oleh masyarakat dunia. Sayangnya, konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia, masih terbilang rendah jika dibandingkan negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara.

Produsen Yoghurt Asal AS Lirik Investasi di Indonesia
Berdasarkan penelitian Survei Diet Total untuk seluruh Indonesia yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangakn Kesehatan (Balitbangkes), rata-rata konsumsi sayuran dan buah penduduk Indonesia 91 gram per hari. Jumlah itu, hanya setengah dari konsumsi masyarakat Thailand dan Filipina, atau setengah dari konsumsi masyarakat Singapura.

Pebisnis RI di AS Bangun Ajang Kerja Sama Baru
Berangkat dari keprihatinan ini, setiap tahun antara bulan November dan Desember, digelar acara promosi produk buah-buahan dari Amerika Serikat, untuk memotivasi konsumen Tanah Air, agar meningkatkan konsumsi buah dan sayur sehari-hari.

Promosi tahun ini akan melibatkan lebih dari 120 toko swalayan di seluruh Nusantara.

Panen raya tandai musim liburan di AS

"Di indonesia, sekarang sudah masuk musim liburan. Kalau di AS, musim liburan dimulai dengan perayaan Thanksgiving. Hidangan khasnya adalah pie labu dibuat dari cengkeh dan pala yang diimpor dari Indonesia," ujar Robert Blake, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, saat ditemui di acara festival buah impor AS bertajuk US Licious di Food Hall, Plaza Senayan, Jakarta, Kamis 3 Desember 2015.

Ia lantas mengatakan, makanan memainkan peranan yang penting dalam musim liburan, di mana momen berkumpul keluarga banyak dilakukan.

Blake mengungkapkan, di AS, perayaan Thanksgiving juga bertepatan dengan musim panen raya menjelang berakhirnya musim panas. Lembah dan ladang pertanian subur yang dikenal sebagai Northwest Pacific yang melintang mulai dari wilayah negara bagian Washington DC, Oregon hingga California, merayakan panen buah-buahan dan sayur-sayuran yang berlimpah.

Itu juga menjadi salah satu alasan diselenggarakannya festival buah-buahan impor dari AS di Indonesia yang selalu diadakan setiap tahun. Aneka buah segar dan berkualitas tinggi dapat Anda temukan, mulai dari apel, pir, jeruk, lemon, anggur, kurma, dan masih banyak lagi.

"Kita ingin masyarakat Indonesia melihat dan mencicipi produk buah-buahan segar dan kering dari AS. Buah juga menjadi komoditas penting dalam perdagangan produk agrikultural internasional," ujar Blake.

Dalam kesempatan tersebut, Blake turut memeriahkan acara demo masak hidangan dengan buah. Ia menghias kue menggunakan topping buah-buahan dari negeri asalnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya