Ini Cara Menjaga Bayi Tetap Sehat

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Jika anak Anda mengalami masalah kesehatan dan sering kambuh, sekarang saatnya bagi Anda untuk melihat cara membersihkan diri. Alasan utama yang dapat membuat bayi Anda sakit adalah tidak bersih.

Heboh Bayi Diduga Disandera, Ini Cerita Sebenarnya
Sistem kekebalan tubuh bayi Anda lemah dan ini dapat membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi. Sebagian besar infeksi ini dapat dicegah dengan mengawasi bagaimana Anda menangani bayi Anda.

Anak Kembar Obesitas Tingkatkan Risiko Diabetes
Ketika datang ke hal-hal yang berkaitan dengan kebersihan pada bayi, semuanya penting. Melakukan praktik kebersihan yang sehat harus menjadi prioritas Anda. 

Hal ini harus mencakup semua aspek dari semua orang dalam keluarga. Berikut tips kebersihan untuk menjaga bayi tetap sehat, seperti dilansir laman Boldsky.

Mencuci tangan

Setiap kali menangani bayi Anda, Anda harus mencuci tangan terlebih dahulu. Bakteri yang tidak terlihat atau virus dari tangan Anda dapat membuat masalah bagi bayi Anda. Setiap kali Anda makan, mandi, atau membuat bayi tidur, jangan lupa untuk mencuci tangan.

Mensterilkan botol

Jika memberi minum bayi Anda menggunakan botol, sangat penting untuk mensterilkan botol terlebih dahulu. Merebus botol dalam air adalah metode paling efektif untuk membunuh sebagian kuman berbahaya. Hal ini lebih baik menggunakan botol kaca, merebus hingga mendidih botol plastik tidak dianjurkan, kecuali perusahaan botol tersebut mengklaim aman.

Bersihkan mulut bayi

Bayi tidak memiliki gigi, tetapi Anda harus membersihkan mulut mereka. Anda dapat membersihkan gusi dan lidah bayi menggunakan kain lembut. Ini akan menghapus sisa-sisa dari makan sebelumnya. Ini adalah salah satu yang paling sederhana tips kebersihkan untuk bayi untuk mencegah infeksi jamur di lidah. Dan juga bersihkan bibir bayi sehabis makan.

Sering ganti popok

Popok sangat diperlukan bagi bayi, tapi jika Anda membiarkan popok tidak diganti seharian, kemungkinan membuat bayi Anda lebih rentan terhadap infeksi seperti infeksi saluran kemih dan ruam. Usahakan sering mengganti popok dalam sehari, terutama ketika sehabis bayi buang kotoran.

Mandikan bayi

Anda dapat membersihkan tubuh mereka dengan kain basah yang lembut atau memandikan mereka. Hal ini akan menghapus semua debu dan kotoran dari tubuh bayi, serta mengangkat sel-sel kulit mati. Keringat bayi dapat menyebabkan infeksi jamur. Ketika membersihkan bayi, usahakan menggunakan air hangat dan sabun ringan. 
 
Kebersihan payudara

Kebersihan payudara adalah bagian yang sering diabaikan wanita. Tubuh Anda dapat terkena keringat, bahan kimia dari baju Anda, atau bahkan deodoran. Membersihkan payudara Anda, terutama daerah puting dan areola sebelum menyusui bayi Anda sangat penting. Sebelum menyusui, Anda bisa mandi terlebih dahulu atau membersihkan daerah payudara dengan kain basah yang hangat.  
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya