Minum Air Putih Tidak Hilangkan Rasa Pedas

Ilustrasi cabai.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli
- Jika Anda pernah makan cabai pedas dan perlu bantuan untuk menghilangkan dengan cepat rasa pedasnya, cara yang cepat adalah dengan susu dan es krim. Cobalah minum air dan apakah dapat menghilangkan rasa pedasnya? 

Yuk, Jelajahi Kuliner Nusantara di Sini
Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada video Reactions Everyday Chemistry yang dilansir laman Food Beast,, molekul yang ada pada air tidak bisa menyatu dengan molekul yang ada pada makanan pedas.

Kreasi Kuliner Paduan Eropa dan Madiun, Sandwich Pecel
Ketika Anda merasa air akan menghilangkan rasa pedas, nyatanya malah akan menyebar rasa pedasnya, bahkan bisa lebih terasa pedasnya. 

Ada semacam zat yang dinamakan capsaicin menyebar di lidah Anda, yang disebut reseptor TRPV1 yang membuat pedas terasa di lidah. Hal ini mengirimkan sinyal ke otak Anda bahwa ada makanan yang akan terasa pedas.

Capsaicin memiliki molekul non-polar di dalamnya, yang hanya bisa dilarutkan dengan molekul non-polar lainnya. Sayangnya air terdiri dari molekul polar, yang berarti malah akan menyebarkan rasa pedas tersebut, bukannya menghilangkan.

Molekul yang terdapat dalam susu adalah non-polar, sama seperti capsaicin. Molekul non-polar adalah jawaban untuk menghilangkan rasa pedas. 

Bukan hanya molekul non-polar, protein kasein dalam susu juga membantu melarutkan capsaicin, sehingga menghilangkan rasa pedas. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya