Empat Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi Yogurt Mengurangi Risiko Hipertensi
Sumber :
  • http://www.rinagu.com

VIVA.co.id - Darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit berbahaya. Penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah, stroke, serangan jantung bahkan juga berujung pada kematian. 

17 Mei, Dunia Rayakan Hari Hipertensi

Oleh karena itu, penyakit ini tak boleh dipandang sebelah mata. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya tekanan darah tinggi. Mulai dari stres, asupan natrium yang tinggi, dan juga diabetes. 

Tekanan darah tinggi tidak memiliki tanda-tanda atau gejala awal. Banyak orang yang tidak menyadarinya. 

5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Depok Termasuk?

Oleh karena itu, pemeriksan medis yang teratur adalah suatu keharusan. Dan harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Beberapa makanan dianggap mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut empat makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi seperti dilansir dari Boldsky:

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

1. Seledri

Seledri dapat membantu jantung dan vena agar berfungsi dengan baik. Itu menjaga tingkat tekanan darah. Seledri juga membantu untuk keseimbangan kadar gula darah. Selain itu, seledri membantu dalam penurunan berat badan dan mengurangi komplikasi yang timbul dari tekanan darah tinggi. 

2. Pepaya

Kalium yang terkandung dalam pepaya sangat baik untuk kesehatan jantung. Pepaya juga mengandung mineral dan elektrolit yang berguna untuk mengontrol tekanan darah tinggi. The American Heart Assosiation merekomendasikan sekitar 4.700 gram kalium agar dikonsumsi setiap harinya untuk menjaga tekanan darah. 

3. Yogurt

Yogurt mengandung kalium, magnesium, dan kalsium yang menjaga kandungan rendah lemak di tubuh. Ini secara efektif dapat mengatur tekanan darah. Menurut penelitian, mengonsumsi yogurt secara teratur akan membantu menghindari tekanan darah tinggi.

4. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari diketahui dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Biji ini mengandung vitamin D dan merupakan sumber yang baik untuk protein dan serat. Berdasarkan penelitian, biji bunga matahari memiliki senyawa peptida yang menghambat produksi tubuh dari enzim yang diketahui dapat mengontrol tingkat tekanan darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya