Ini Cara Mencegah Kebiasaan Buruk Anak Remaja

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Masalah anak remaja diperkirakan akan timbul saat mencapai fase berpetualang. Anak remaja ingin mencoba hal yang berbeda untuk sensasi dan kegembiraan.

Cara Shahnaz Haque Pilih Pendidikan untuk Anak

Beberapa dari mereka mungkin akan mencoba petualangan ekstrim seperti bersepeda kencang, kebut-kebutan, sampai mencoba alkohol atau rokok. Sebuah studi terbaru membuktikan bahwa orangtua dapat mencegah situasi seperti ini.

Remaja cenderung untuk bereksperimen dengan alkohol dan zat lainnya. Studi menemukan jika orangtua yang menjaga hubungan yang sehat dengan anak-anak mereka dapat secara drastis mengurangi risiko tersebut.
Diusulkan Tiru Filipina Perangi Narkoba, Ini Respons DPR

Dilansir laman Boldsky, menurut penelitian tersebut, sebagian besar eksperimen dengan zat-zat buruk tersebut akibat pengaruh dari teman yang tidak baik. Ketika anak-anak berbaur dengan teman-teman yang melakukan hal tersebut mereka secara alami akan mencoba hal-hal seperti itu.
Di Perut Bayi 15 Bulan Ini Ada Janin 3,6 Kg

Studi ini mengatakan, orangtua yang mengetahui secara jelas perihal teman-teman sang anak, dapat mengendalikan situasi yang lebih baik dan mengurangi dampak buruknya.

Penelitian ini dilakukan melibatkan lebih dari 600 siswa. Banyak orangtua yang diamati hanya untuk merekam cara mereka berinteraksi dengan anak-anaknya.

Umumnya, anak-anak rentan pada usia 13-15. Ketika mereka mencapai usia remaja, sangat penting bagi orangtua untuk menciptakan pondasi yang kuat melalui pendidikan.

Cara apa yang dapat mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja? Ketika orangtua dapat memperkuat ikatan dengan anak-anak mereka, melalui komunikasi dan kolaborasi yang efektif, mereka dapat mengurangi risiko tertentu.

Anak-anak yang mencintai orangtua mereka cenderung hati-hati dalam mengambil langkah mereka. Bahkan ketika mereka dikelilingi oleh teman-teman yang perokok dan peminum.

Menurut penelitian ini, langkah-langkah konstruktif oleh orangtua pasti bisa membentuk perilaku anak-anak ketika remaja. Jadi, salah satu metode terbaik untuk mencegah penyalahgunaan narkoba adalah dengan menggunakan keterampilan orangtua yang baik. 

Orangtua mungkin harus bisa lebih ramah dan dekat dengan remaja mereka untuk menghindari risiko tersebut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya