4 Tips Mencuci Buah dan Sayur Agar Terbebas Pestisida

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Kanker, Penyakit Mahal yang Umum di Negara Miskin
- Percaya atau tidak, pestisida terdapat di buah-buahan dan sayur-sayuran yang kita konsumsi sehari-hari. Meski tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, namun konsumsi pestisida dalam kadar tinggi bisa menjadi racun dalam tubuh.

Cara Sederhana Deteksi Kanker
Beberapa bahaya pestisida pada kesehatan antara lain menyebabkan kanker, membahayakan sistem saraf dan reproduksi, cacat lahir dan dalam beberapa kasus mampu merusak seluruh sistem kekebalan tubuh.

Mulai Usia 30, Waspada Kanker Prostat
Itulah mengapa buah-buahan dan sayuran yang akan dikonsumsi, baik dalam keadaan mentah maupun dimasak terlebih dahulu wajib dicuci hingga bersih. 

Nah, untuk memastikan sayur dan buah di rumah terbebas dari pestisida dan aman dikonsumsi keluarga, ada beberapa tips mencuci buah dan sayur yang patut Anda ketahui. Berikut ini adalah lima diantaranya seperti dilansir dari Boldsky.

Cuka

Cuka adalah salah satu bahan masakan yang sangat kuat dalam membantu membunuh kuman dan pestisida pada sayur juga buah. Anda bisa mencuci sayur dan buah dengan air yang telah dicampur dengan cuka.

Soda kue

Soda kue atau soda pengembang juga sangat efektif digunakan untuk mencuci bersih sayur dan buah. Caranya adalah dengan mencampurkan lima gelas air dan empat sendok makan soda kue ke dalam wadah besar. Rendam sayur dan buah selama 15 menit dan keringkan dengan kain atau tisu dapur.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang mengandung zat antibakteri sehingga dapat membunuh kuman. Untuk itu, cuci sayur dan buah dengan air panas yang telah diberi lima sendok teh bubuk kunyit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Garam

Garam batu dan garam halus ampuh membunuh bakteri dan racun dengan cepat. Gunakan satu mangkuk air bersih yang telah diberi satu cangkir garam. Rendam sayur dan buah selama lima menit dan bilas dengan air bersih. 

Catatan: Keempat cara tadi akan membersihkan 90 persen residu pestisida pada sayur dan buah. Untuk lebih aman, Anda bisa mengupas buah dan sayur terlebih dahulu sebelum diolah atau dikonsumsi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya