Alternatif Hidangan Natal yang Lebih Sehat

Steak maranggi.
Sumber :
  • http://www.salmanbiroe.com

VIVA.co.id - Kemeriahan Hari Raya Natal salah satunya bergantung dari hidangan yang disajikan untuk keluarga dan orang-orang terdekat. Namun, bukan berarti Anda bisa makan sembarangan tanpa membatasi asupan kalori, lemak dan gula.

Alasan Jangan Memakan Steak dengan Kematangan Well Done

Untuk santapan Natal yang bebas 'dosa', Anda bisa mengganti bahan-bahan masakan dengan yang jauh lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa alternatif yang dapat dipilih, seperti dilansir dari Food World News.

1. Jika Anda menyajikan saus cocolan untuk kudapan-kudapan gurih, jangan pilih mayones atau saus asam yang mengandung kalori serta lemak yang tinggi. Ganti dengan yogurt tanpa lemak yang jauh lebih sehat. Untuk perbandingan, saus asam biasa mengandung 2,4 gram lemak. Anda juga bisa mengganti kentang goreng, keripik kentang atau lumpia goreng dengan sayur-sayuran seperti batang seledri yang renyah dan segar.

2. Untuk hidangan-hidangan yang menggunakan kacang, ganti dengan chickpea atau kacang Arab yang satu genggamnya mengandung ratusan kalori yang lebih rendah dari kacang biasa. Ditambah lagi, chickpea juga mengandung kadar sodium yang rendah.

3. Ganti keju biasa dengan keju kambing yang kandungan lemaknya lebih rendah.

4. Hidangan olahan daging sapi memang menjadi menu favorit banyak orang. Namun, Natal kali ini Anda bisa memilih daging sapi bagian tenderloin atau has dalam karena lemaknya lebih sedikit. Jika beef wellington mengandung 606 kalori, satu potong daging has dalam mengandung 200 kalori lebih rendah. Dengan menggunakan daging tanpa lemak, Anda pun bisa lebih leluasa dalam menyantap hidangan penutup.

5. Tentu saja Natal tak akan lengkap tanpa kue buah. Anda bisa membuatnya lebih ringan dengan memilih resep yang tepat. Kurangi penggunaan gula sehingga kue lebih rendah kalori. Anda juga bisa memilih tepung terigu yang rendah gluten.

6. Untuk hidangan atau minuman yang terbuat dari susu, Anda bisa menggantinya dengan susu tanpa lemak atau susu yang terbuat dari kacang-kacangan seperti susu kedelai dan susu almond.

(mus)

Santap Mewah Hidangan Bakar di Pusat Jakarta
Chef Amri di Le Steak

Le Steak, Mencicip Steak Lezat Tanpa Rempah

Daging didatangkan langsung dari Australia.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2016