Pakan Ternak Ini Kini Populer Disantap Manusia

Sorghum
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan
- Golongan makanan yang terbuat dari biji-bijian, mulai dari gandum hingga quinoa telah menjadi salah satu jenis makanan yang paling sehat. Bahkan nasi pun mulai tergantikan dengan biji-bijian seiring dengan kesadaran masyarakat dunia akan kesehatan yang kian meningkat.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan
Salah satu jenis biji-bijian yang kini tengah menuai popularitas tinggi ialah sorgum atau sering pula disebut dengan wonder grain.

Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun
Sorgum merupakan jenis biji-bijian kuno yang ditemukan di bumi Afrika yang kering.

Memasuki akhir tahun 2015, biji-bijian satu ini kian populer hingga banyak restoran di seluruh Amerika Serikat yang menyajikan hidangan olahan sorgum. Beberapa hidangan tersebut antara lain seperti salah, hidangan utama hingga pencuci mulut dengan cita rasa manis.

Juru masak di restoran Cena by Michy dan Seagrape di Miami, Chef Michelle Berstein mengatakan tren hidangan olahan sorgum di AS muncul karena banyak restoran yang ingin menu-menunya semakin variatif agar konsumen tidak bosan. Itulah sebabnya, tak hanya quinoa, banyak juru masak yang mulai menggunakan sorgum pada hidangan nasi buatan mereka.

"Sorgum mengenyangkan perut dan membuat mulut Anda menikmatinya," ujar Berstein dikutip dari Food World News.

Ia juga mengatakan sorgum memiliki fleksibilitas dan tekstur yang jauh lebih bagus dibandingkan jenis biji-bijian lain. 

Selama ini sorgum telah digunakan secara luas di berbagai negara di dunia sebagai bahan pembuat sereal. Di AS, sorgum sebelumnya lebih sering digunakan sebagai pakan ternak.

Beberapa manfaat kesehatan sorgum antara lain menyehatkan sistem pencernaan karena bebas gluten dan mengandung antioksidan.

Proses penanamannya pun ramah lingkungan karena hanya membutuhkan jumlah air tiga kali lebih sedikit dibandingkan jagung. Begitu pula dengan penggunaan pupuk yang juga lebih sedikit.

Tak seperti quinoa yang mahal, harga sorgum terbilang lebih rendah dan lebih mudah ditanam dibandingkan dengan jenis biji-bijian lain yang umum dikonsumsi.

"Bahkan, meskipun harga sorgum naik dua atau tiga kali lipat, itu masih lebih murah dibandingkan quinoa," ujar Tom Kaplan, pemilik restoran Hugo's di California, yang juga mulai menggunakan sorgum sebagai bahan masak mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya