Menguak Asal usul Telur Hitam untuk Panjang Umur

Telur hitam
Sumber :
  • Amusing Planet

VIVA.co.id - Melihat telur berwarna hitam bagi sebagian orang, akan cenderung merasa jijik. Namun, lain cerita dengan telur hitam yang terkenal dari daerah Owakudani, Jepang.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Owakudani dikenal sebagai 'Lembah Mendidih', sebuah kaldera vulkanik yang sangat besar dan terbentuk sejak 3.000 tahun lalu, saat erupsi gunung Hakone.

Besarnya erupsi, membuat wilayah ini masih memiliki kolam air panas dan lubang besar yang mengeluarkan uap, juga asap vulkanik dari sulfur dioksida dan hidrogen sulfida.

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran

Dilansir dari Odditycentral, tempat ini meski tidak layak sebagai tempat wisata, namun tetap ramai dikunjungi setiap tahun. 

Orang-orang berkunjung ke Owakudani, karena mereka penasaran dengan adanya telur rebus hitam misterius yang dikenal dengan nama 'Kuro-Tamago'.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

Sepintas, telur ini tampak seperti arang, atau mirip dengan buah anggur dalam ukuran lebih besar. Jangan berharap dan menduga, telur ini memiliki warna yang hitam juga di dalamnya.

Bagian dalam telur ini normal, layaknya telur ayam rebus biasa. Warna hitam yang terdapat pada kulit telur terjadi, saat telur direbus di dalam kolam air yang kaya kandungan sulfur di Owakudani.

Kandungan sulfur ternyata membuat warna kulit telur hitam, tanpa memengaruhi rasa, atau warna telur di dalamnya.

Menariknya, ada legenda yang mengatakan bahwa bagi siapa yang memakan telur hitam yang direbus di air Owakudani akan memiliki umur panjang hingga tujuh tahun.

Pengunjung yang tertarik mencicipi telur ini bisa mengunjungi lokasi dengan cara berjalan kaki, atau dengan kereta gantung menuruni danau Ashi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya