Makanan dan Minuman Pencegah Osteoporosis

Konsumsi Yogurt Mengurangi Risiko Hipertensi
Sumber :
  • http://www.rinagu.com

VIVA.co.id - Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana kualitas dan kepadatan tulang akan berkurang. Tulang akan menjadi rapuh. Penyakit ini juga akan meningkatkan risiko tulang patah. 

Anak Muda Juga Rentan Osteoporosis, Ketahui Penyebabnya

Wanita berusia di atas 40 tahun memiliki risiko lebih besar menderita osteoporosis. Banyak alasan yang menjadi penyebab osteoporosis, di antaranya adalah kurangnya asupan kalsium dalam tubuh. Selain itu, nutrisi yang juga penting dalam pembentukan tulang adalah vitamin D dan K, serta magnesium.

Beberapa makanan juga membantu dalam mencegah osteoporosis. Berikut makanan sehat yang membantu memerangi osteoporosis seperti dilansir dari Boldsky:

Enam Cara Hadang Osteoporosis

Ikan

Ikan adalah makanan yang sempurna dalam melawan osteoporosis. Ikan adalah sumber kalsium. Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi ikan membantu menjaga kesehatan tulang sehingga mencegah osteoporosis. 

Cara Efektif Terhindar dari Osteoporosis

Yogurt

Yogurt secara efektif mengurangi risiko osteoporosis. Yogurt juga mengandung kalsium, vitamin dan nutrisi lainnya. Ia juga memiliki vitamin D yang mencegah pengeroposan tulang dan menjamin kesehatan tulang. Yogurt juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Susu

Rutin mengonsumsi susu adalah cara terbaik dalam mencegah osteoporosis. Susu dan produk yang mengandung susu kaya akan kalsium, protein, karbohidrat, dan vitamin yang mencegah penuaan dini, reaksi alergi yang rendah dan juga menyembuhkan luka dengan cepat.

Telur

Telur adalah makanan ideal yang dikonsumsi untuk menghindari osteoporosis. Telur mengandung vitamin, kalsium, selenium dan folat yang melindungi kesehatan tulang. Protein alami dalam telur dapat mencegah risiko osteoporosis. 

Pisang

Pisang juga sangat efektif mencegah osteoporosis. Makan pisang secara teratur membantu menyerap kalsium dan nutrisi penting yang menyehatkan tulang. Pisang juga membantu melindungi diri dari kanker, diabetes, dan menurunkan tingkat depresi. (ase)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya