Enam Kesalahan Umum saat Membuat Kue

Ilustrasi kue
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
RESEP: Nikmatnya Muffin Pisang Ala Sisca Soewitomo
- Membuat kue memang bukan hal yang mudah. Namun, Anda tak harus masuk ke sekolah memasak terlebih dahulu untuk dapat membuat kue yang lezat. 

Tips Jitu Membuat Biskuit Selezat di Toko Roti
Dibutuhkan latihan dan pengalaman agar Anda dapat membuat dan menguasai langkah-langkah dalam membuat kue.

Tiga Tips Bikin Kue Sehat Tanpa Telur
Ada pula beberapa hal yang harus dihindari agar kue buatan Anda tidak gagal. Berikut ini adalah enam kesalahan umum yang sering dilakukan saat membuat kue, seperti dilansir dari Daily Meal.

Membuka tutup oven

Memeriksa kue yang tengah dipanggang dengan membuka tutup pintu oven akan menurunkan suhu oven dan mengangggu proses memasak.

Menebak-nebak resep

Jangan pernah mengira-ngira jumlah bahan yang harus Anda gunakan untuk membuat kue. Anda harus mengukur setiap bahan yang digunakan dan membaca resep dengan cermat.

Mengaduk adonan terlalu lama

Baik itu menggunakan mixer atau dengan kocokan manual, sebaiknya Anda tidak terlalu lama mengaduk adonan. Hal itu akan mengaktifkan gluten dan membuat tekstur kue saat matang mejadi terlalu padat juga keras.

Tidak mendiamkan kue

Setelah matang dan mengeluarkannya dari oven, jangan langsung memotong kue atau memakannya. Kue butuh didiamkan terlebih dahulu hingga dingin, baru Anda dapat menghiasnya dengan krim frosting.

Tidak mengolesi cetakan kue dengan minyak

Selalu olesi cetakan kue dengan minyak atau butter untuk menghindari kue lengket dan merusak bentuk kue.

Tidak mengayak tepung terigu

Mengayak tepung akan memisahkan partikel-partikel dan membuatnya lebih mudah bercampur dengan cairan. Dengan cara ini tekstur kue saat matang juga akan terasa lebih lembut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya