Yuk, Buat Saus Karamel Sendiri di Rumah

Madu.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
- Karamel memiliki cita rasa yang manis dan sedikit gurih sehinga sangat cocok disantap bersama ragam hidangan manis. Anda bahkan dapat menambahkan saus karamel ke dalam minuman favorit Anda. Tak perlu membelinya, Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Perlu diketahui bahwa karamel merupakan gula yang meleleh dan berubah bentuk menjadi cair berwarna coklat gelap. Karamel terbentuk setelah gula dipanaskan pada suhu 160-180 derajat celsius. Demikian dilansir dari Times of India.

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh
Resep untuk jenis gula yang dapat dikaramelisasi menentukan tahapan berbeda yang akan dilalui.

Pada sekitar suhu 170 derajat celsius, gula mulai meleleh dan terkaramelisasi, menciptakan cita rasa yang intens dan warna yang kaya. Gula berubah warna dari coklat terang menjadi coklat gelap dan transparan ketika semakin lama dipanaskan. Tekstur karamel dapat beragam dari lembut hingga sedikit pecah, tergantung kapan Anda menghentikan proses pemanasan.

Karamel dengan tekstur lembut dapat dibuat dari gula, butter dan susu. Sedangkan karamel yang pecah atau hancur dapat digunakan untuk topping es krim dan hidangan penutup manis lainnya.

Untuk membuat karamel, Anda bisa memanaskan gula di panci atau penggorengan anti lengket. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil. Aduk hingga mencapai konsistensi layaknya pasir basah.

Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes air perasan jeruk lemon untuk menghindari re-kristalisasi. Selain air perasan jeruk lemon, Anda juga bisa menggunakan cuka, krim tartar atau sirup jagung untuk menambah tingkat keasaman dan mencegah re-kristalisasi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya