Enam Rempah dengan Khasiat Kesehatan Luar Biasa

Jahe
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
- Rempah-rempah menjadi bumbu dapur yang membantu menentukan rasa pada masakan. Namun, tiap rempah pasti memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan. 

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Berikut ini adalah enam jenis rempah-rempah di dunia dan khasiatnya yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Food World News.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Jahe

Jahe bermanfaat dalam membantu menurunkan dan mengatur rasa sakit. Inilah mengapa jahe sangat membantu para traveler yang sering mengalami mabuk laut atau darat juga ibu hamil yang sering merasa mual dan mengalami morning sickness. Tak hanya itu, jahe pun sangat ampuh membantu pasien kanker yang tengah menjalani sesi kemoterapi. 

Sebagai informasi, jahe merupakan sumber makanan anti inflamasi yang efektif. Asupan yang direkomendasikan adalah dua gram ekstrak jahe untuk mencegah inflamasi pada usus.

Saffron

Sering disebut sebagai rempah termahal di dunia, saffron tak hanya memberikan cita rasa dan aroma yang khas pada makanan, melainkan juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan pada pemakannya. 

Saffron berfungsi menyeimbangan aliran darah yang berlebihan, mengurangi rasa takut, cemas dan menyembuhkan depresi. 

Ekstrak saffron yang dijual dalam bentuk kapsul juga memiliki manfaat anti-convulsant (anti konstraksi otot secara tiba-tiba) dan lazim digunakan untuk merawat epilepsi.

Kunyit

Kunyit bisa Anda manfaatkan sebagai obat pereda batuk alami dengan mencampurkannya ke dalam secangkir susu hangat. Kandungan anti inflamasi di dalam kunyit yakni curcumin sangat ampuh membantu menyembuhkan gangguan-gangguan kesehatan seperti ulcerative colitive, penyakit Crohn's, rheumatoid arthritis, Alzheimer's dan penyakit jantung. 

Bawang putih

Tak hanya memberikan cita rasa, aroma dan tekstur pada hidangan, bawang putih juga sangat efektif dalam melawan berbagai penyakit. 

Beberapa manfaat kesehatan bawang putih antara lain adalah menyembuhkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, antibiotik alami, menurunkan risiko demensia dan Alzheimer's dan mencegah gangguan kesehatan mental.

Oregano

Tumbuhan herbal satu ini berasal dari Italia dan biasa digunakan untuk membuat hidangan-hidangan seperti pasta dan pizza. Perlu diketahui bahwa oregano merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi phyto yang memberikan efek antibakterial dan antiinflamasi. 

Sebuah studi di Meksiko bahkan mengatakan bahwa oregano lebih efektif melawan jenis parasit tertentu di perut dibandingkan dengan obat tinidazol. Oregano juga sering dijadikan campuran obat yang diberikan kepada pasien yang baru saja dioperasi agar lukanya sembuh lebih cepat.

Kayu manis

Layaknya ketumbar, kayu manis sangat bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes tipe dua. Kayu manis juga mengandung zat-zat antibakterial dan kandungan antioksidan. 

Mengonsumsinya secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyumbatan pembuluh darah.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya