Enam Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Masak Pasta

Ilustrasi pasta.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
- Memasak pasta memang tidak terlalu rumit, namun juga tak bisa diremehkan. Memasak pasta dengan tepat akan menentukan tekstur dan cita rasanya secara keseluruhan. 

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Untuk itu, ketahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang saat memasak pasta, seperti dilansir dari Daily Meal berikut ini.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
Menambahkan minyak ke air

Banyak orang yang sering menambahkan minyak zaitun ke dalam air saat merebus pasta. Itu dilakukan untuk menghindari pasta menempel satu sama lain. Faktanya, menambahkan minyak pada air akan membuat pasta menjadi licin sehingga saus tak akan menempel pada pasta.

Memasukkan pasta sebelum air mendidih

Selalu tunggu air rebusan benar-benar mendidih sebelum memasukkan pasta. Itu karena pasta akan menurunkan suhu air dan semakin lama berada di dalam air yang tidak mendidih, pasta akan mengembang dan menempel satu sama lain.

Menyaring pasta berlebihan

Saat matang, tak perlu menyari pasta secara berlebihan. Air rebusan yang masih tersisa akan mencegah pasta saling menempel dan memberikan tekstur pada saus pasta Anda.

Tidak memasak saus sebelum memasak pasta

Jangan menunggu pasta matang untuk mulai memasak saus. Anda justru harus memasak saus sebelum merebus pasta. Ketika pasta matang, cukup saring sedikit airnya dan langsung masukkan ke dalam wajan berisi saus dan masak selama beberapa menit sebelum dihidangkan.

Tidak menyisakan air rebusan pasta

Jangan langsung membuang air rebusan pasta. Anda bisa menggunakannya untuk mengentalkan saus pasta yang terlalu encer. 

Tidak memasukkan garam saat merebus pasta

Banyak orang yang berpendapat bahwa memasukkan garam pada air rebusan pasta adalah langkah pilihan yang bisa saja tidak dilakukan. Namun, hal ini sebenarnya sangat krusial karena garam mampu mengeluarkan cita rasa pasta dan mencegah pasta kurang mengembang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya