Deretan Hidangan Olahan Ayam Pedas Nusantara

Ayam bakar.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Awas, Jangan Pernah Konsumsi Bagian Ayam Ini
- Ayam adalah sumber protein yang umum dikonsumsi di seluruh dunia. Indonesia memiliki deretan hidangan tradisional berbahan dasar ayam. 

Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli
Tentu saja, karena masyarakat Indonesia terkenal gemar makanan pedas, maka banyak hidangan olahan ayam yang bercitarasa pedas.

Yuk, Jelajahi Kuliner Nusantara di Sini
Berikut ini, adalah beberapa di antaranya yang telah dihimpun VIVA.co.id.

Ayam balado

Ayam balado juga sering disebut ayam pedas, merupakan ayam goreng yang ditumis dengan bumbu pedas yang terdiri dari cabai merah, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi bakar, gula pasir dan garam. Menu satu ini banyak ditemukan di Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Garang asem

Yang satu ini memang bisa disantap tanpa merasa kepedasan. Namun, hidangan tradisional khas Jawa Tengah ini sering ditambahkan cabai rawit pedas. 

Pada dasarnya, garang asem adalah masakan olahan ayam berkuah santan yang dimasak menggunakan daun pisang dan diberi belimbing sayur serta cabai sehingga rasanya asam dan pedas.

Ayam rica-rica

Para penggemar kuliner pedas pasti tahu betul hidangan satu ini. Ayam rica-rica adalah hidangan khas Manado, Sulawesi Utara yang resepnya sangat beragam. Hidangan ini bisa dibuat dengan berbagai bahan dan dengan cara memasak yang berbeda-beda. Persamaannya hanya satu, yakni rasanya yang super pedas.

Ayam Taliwang

Seperti namanya, ini merupakan hidangan khas Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Bahan dasarnya ialah ayam kampung utuh yang dibakar bersama bumbu rempah pedas.

Rempah pedasnya terdiri dari cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah dan garam. Ayam Taliwang juga biasa disajikan bersama hidangan khas Lombok lainnya, seperti plecing kangkung.

Ayam penyet

Nah, ayam penyet paling banyak ditemukan di Surabaya, Jawa Timur. Hidangan ini sangat sederhana, namun akan membuat siapapun ketagihan. 

Ayam goreng disajikan bersama dengan sambal terasi, atau sambal bawang, lalapan, tahu, dan tempa. Dinamakan ayam penyet, karena ayam yang baru matang dipukul menggunakan ulekan. 

Umumnya, sambal disajikan di atas ayam agar seluruh daging ayam yang sedikit hancur terkena cabai dan rasanya pun semakin pedas.

Ayam cabai ijo

Ayam cabai ijo merupakan ayam goreng yang disajikan dengan sambal ijo, atau sambal yang terbuat dari cabai hijau dan bumbu lainnya. Rasa cabai hijau juga sangat berbeda dengan cabai merah biasa, sehingga rasa pedas yang dihasilkan pun sangat khas.

Ayam plecing

Lombok juga punya hidangan ayam pedas lainnya, yakni ayam plecing yang dipanggang dengan bumbu plecing pedas yang terbuat dari bawang putih, cabai rawit, cabai merah, terasi matang, gula, dan garam. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya