Tujuh Makanan 'Busuk' yang Menyehatkan

Keju.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
- Saat makanan membusuk, Anda pasti segera membuangnya. Tapi ada sejumlah makanan busuk yang lezat, aman dikonsumsi dan bahkan menyehatkan.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Ya, makanan fermentasi atau makanan yang telah diawetkan memang bukan makanan busuk, namun secara teknis makanan ini tak lagi segar dan mengandung bakteri. Meski begitu, bakteri yang terkandung di dalam makanan fermentasi adalah bakteri baik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh.

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh
Lalu, apa saja makanan 'busuk' yang baik bagi kesehatan?

Simak tujuh daftarnya, seperti dilansir dari Boldsky berikut ini.

Keju

Keju terbentuk ketika susu diberi bakteri dan enzim yang mengakibatkan susu menggumpal dan berbuih. Setelah susu menggumpal, gumpalan lemak dan protein tersebut dipotong, dibentuk dan difermentasi menjadi keju.

Sauerkraut

Jika Anda menderita masalah pencernaan, ini adalah salah satu makanan yang bisa membantu. Sauerkraut atau acar kubis khas Jerman dibuat dengan cara melakukan proses fermentasi dengan garam dalam waktu yang lama hingga berubah asam secara alami.

Miso

Tahukah Anda bahwa miso atau pasta fermentasi kedelai khas Jepang mampu membantu mencegah kanker? Ya, miso adalah salah satu makanan 'busuk' yang sehat. Masyarakat Negeri Sakura biasa membuat miso dengan proses fermentasi yang melibatkan kedelai, barley, gandum dan beras.

Acar

Apapun jenis acarnya, jika dikonsumsi akan memberikan manfaat bagi tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Tempe

Makanan satu ini sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Tempe terbuat dari kacang kedelai yang direndam di dalam cuka dan difermentasi dalam waktu tertentu. Kacang kedelai lantas direkatkan dengan miselium, yakni jenis jamur yang lengket dan aman dikonsumsi.

Kimchi

Kimchi telah menuai popularitas tinggi dalam beberapa tahun belakangan, terlebih lagi setelah dinobatkan sebagai makanan tersehat di dunia. Kimchi pada dasarnya merupakan sebutan bagi acar dalam bahasa Korea. Varian kimchi yang paling terkenal di dunia adalah baechu kimchi yang terbuat dari sawi putih.

Kefir

Kefir sebenarnya hampir sama dengan yoghurt yakni produk susu hewani yang diolah dengan proses inokulasi dengan biji kefir. Susu yang digunakan pun tak hanya susu sapi, namun juga susu kambing dan domba. Kefir sangat baik bagi lambung karena membantu mencegah gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya