Ungkap Banyak Fakta Lewat Foto Selfie

Staf dan relawan APEC CEO Summit foto selfie
Sumber :
  • REUTERS/China Daily
VIVA.co.id
Bukit Pethu, Spot Foto Asik di Waduk Sermo Kulon Progo
- Berpose memotret diri sendiri atau selfie kini sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Adanya fitur kamera depan pada ponsel pintar, membuatnya sangat digemari berbagai kalangan.

Oppo Luncurkan F1s, Andalkan Sidik Jari dan Kamera Selfie

Namun, sepertinya, Anda harus mulai berhati-hati dengan teknik foto ini. Pasalnya, satu foto selfie bisa mengungkapkan banyak hal.
Selfie di Sini, Siap-siap Dikenakan Denda Rp3 Juta


Sebuah survei menunjukan bahwa dari foto selfie, dapat dijadikan sebagai sumber data dan mengungkapkan banyak fakta. Seperti budaya berbeda di berbagai kota dan menggambarkan bagaimana seseorang ingin dianggap keberadaannya.


Tim data ilmuwan menggunakan perangkat lunak pengenalan wajah, dengan peringkat orang paling bahagia dari 1 sampai 0. Peneliti mengumpulkan 152.462 gambar dari situs photosharing selama periode satu pekan, 640 di antaranya dianggap selfie yang ditemukan memiliki skor 0,55, dibandingkan dengan rata-rata 0,62 di seluruh negara.


Hasilnya menunjukkan bahwa wanita dua kali lebih banyak selfie ketimbang pria. Pria, yang melakukan selfie, cenderung lebih tua daripada mereka di kota-kota lain, rata-rata berusia sekitar 28 tahun. Mereka lebih menyukai pengambilan gambar dari sudut, bukan posisi tubuh tegak.


Bahkan, mereka pun meneliti tingkat kemiringan kepala ketika orang bergaya selfie. Rata-rata mereka memiringkan kepala hanya 15-20 derajat.


"Selfie yang kini telah menjadi bagian kunci untuk mendokumentasikan seluruh generasi. Hal yang menarik tentang proyek ini adalah melihat bagaimana kita sekarang menghitung diri kita melalui data ini. Data selfie juga telah mengubah cara kita berkomunikasi satu sama lain," kata salah satu peneliti seperti dilansir
Times of India
.


Peningkatan selfie membuktikan bagaimana penilaian seseorang. Bahkan dalam lima tahun terakhir itu sudah berdampak pada pembentukan massa berbicara dan berkomunikasi satu sama lain. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya