Mantan Agen FBI Ungkap Tanda-tanda Orang Berbohong

Berbohong
Sumber :
  • http://www.dearryk.com
VIVA.co.id
Jangan Coba Berbohong di Depan Anak-anak, Ini Akibatnya
- Kebohongan memang bisa dilakukan untuk kebaikan. Namun, banyak pula kebohongan yang dapat menghancurkan hubungan pertemanan, hubungan asmara atau bahkan hubungan keluarga.

Enam Penyebab Anak Suka Mengarang Cerita

Menurut mantan agen FBI, terdapat beberapa tanda-tanda yang bisa dilihat dari raut wajah seseorang ketika sedang mengatakan kebohongan.
Hadapi Teman yang Berbohong dengan Cara Ini


"Saya menjadi agen FBI selama 30 tahun dan mengobservasi perilaku pelaku kriminal saat mereka berbohong. Saya juga melakukan studi secara ekstensif tentang bahasa tubuh, ekspresi wajah dan indikator verbal saat seseorang mengatakan kebohongan," tulis Mark Bouton dalam situs pribadinya.


Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa beberapa reaksi disebabkan oleh kepanikan dan sisanya karena reaksi kimia di dalam tubuh.


Bouton mengatakan, jika Anda melihat beberapa tanda-tanda perilaku yang dia sebutkan di bawah ini, kemungkinan besar orang tersebut sedang mencoba membohongi Anda.


Berikut ini adalah beberapa tandanya, seperti dilansir dari
Times of India
.


- Reaksi kimia membuat wajah seseotang terasa gatal saat berbohong. Jika mereka menyentuh hidup atau pipi, atau menggosok hidung menggunakan jari, besar kemungkinan mereka tengah mengatakan kebohongan.


- Orang yang sedang berbohong cenderung merasa mulut mereka kering. Anda bisa mengenali reaksi mereka terhadap kondisi tersebut.


- Ketika berbohong, kelenjar lendir di tenggorokan akan memproduksi berlebihan. Itu akan membuat seseorang batuk atau membersihkan tenggorokan mereka selama beberapa kali saat berbohong.


- Indikator orang yang sedang berbohong lainnya adalah perilaku menggigit bibir.


- Ketika berbohong, mata seseorang juga cenderung tidak bisa fokus dan melihat ke kiri serta ke kanan berulang kali.


- Jika mereka berkedip selama beberapa kali dan lebih cepat dari tingkat kedip normal, yakni satu kali setiap 10 atau 12 detik, kemungkinan besar mereka sedang berbohong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya