Ketahui Lima Jenis Alat Masak yang Membahayakan Kesehatan

Ilustrasi Alat Masak
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Perhatikan Hal Ini Saat Anda Beli Blender
- Memilih bahan-bahan makanan yang segar dan berkualitas untuk dimasak di rumah adalah hal yang wajib dilakukan semua orang. Namun, tak hanya bahan makanan, proses memasak yang Anda lakukan pun dapat memberikan dampak kesehatan pada tubuh.

Ketahui Manfaat Kesehatan Memasak dengan Minyak Alpukat
Bahkan, banyak alat-alat masak yang mampu mengubah makanan menjadi racun yang jika dikonsumsi secara terus menerus dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Menyiasati Cara Masak Sayuran Agar Terasa Lebih Lezat
Untuk itu, ketahui beberapa jenis alat masak berbahaya yang tidak layak digunakan untuk memasak, seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.

Wajan anti lengket

Memasak dengan wajan anti lengket memang efisien, namun bukan berarti bebas efek samping. Lapisan anti lengket pada wajan terbuat dari bahan bernama asam perfluorooctanoic. Ketika wajan dipanaskan, zat ini masuk ke dalam makanan dan masuk ke dalam tubuh. Jika terjadi dalam waktu jangka panjang, ini dapat mengakibatkan tumor.

Alternatif wajan yang lebih aman adalah cast iron atau alat masak dari besi

Alat masak dari tembaga

Alat masak yang terbuat dari tembaha dan nikel juga tak kalah berbahaya. Itu karena, ketika dipanaskan, tembaga dan nikel menghasilkan banyak racun yang dapat masuk ke dalam makanan dan tubuh Anda.

Untuk itu, ganti alat masak tembaga Anda dengan alat masak yang terbuat dari stainless steel atau baja anti karat. Tak hanya aman, memasak dengan alat masak dari baja anti karat juga menyehatkan. Itu disebabkan oleh suhu panas yang merata sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memasak pun menjadi berkurang.

Alat masak dari aluminium

Hindari memasak dengan alat masak dari aluminium dalam waktu yang lama. Hal tersebut meningkatkan risiko meningkatnya kadar aluminium yang meleleh. Jika meresap ke dalam makanan dan masuk ke dalam tubuh, ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer's. Meski begitu, alat masak dari aluminium tidak begitu berbahaya dibandingkan alat masak anti lengket.

Namun, Anda bisa menggunakan keramik sebagai alternatif alat masak aluminium. Wadah dari keramik bisa Anda gunakan untuk memasak makanan di microwave.

Wadah plastik

Memanaskan makanan di wadah plastik di dalam microwave dapat membahayakan kesehatan. Wadah plastik dapat meracuni makanan di dalamnya. Itu karena kandungan bisphenol A (BPA) di dalamnya. Jika masuk ke dalam tubuh maka akan meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung dan menyebabkan kenaikan berat badan. 

Alat masak dari timah

Anda wajib mengetahui apakah alat masak yang Anda miliki di rumah mengandung timah. Itu karena timah sering digunakan untuk melapisi alat masak dan membuatnya menjadi berwarna dan berkilau.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya