Empat Fakta Menarik tentang Telur

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
- Telur menjadi salah satu sumber makanan favorit di banyak negara di seluruh dunia. Selain murah, telur juga merupakan sumber protein yang baik. 

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Meski Anda rutin mengonsumsi telur sehari-hari, namun ada beberapa fakta menarik mengenai telur yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini di antaranya seperti dilansir dari Food World News.

Anak Muda, Coba Serunya Warung Kekinian Kopdar
Tak perlu mencuci telur

Sebenarnya, saat ayam bertelur, terdapat lapisan alami yang ada di bagian luar telur yang membantu mencegah bakteri menempel. Lapisan tersebut disebut bloom. Justru dengan mencuci telur, bakteri yang terdapat di air keran akan menempel pada cangkang telur dan berisiko masuk ke dalam telur lewat pori-pori kulitnya.

Perlindungan dari bakteri salmonella

Badan kesehatan dan keamanan pangan AS, USDA mengharuskan pabrik telur untuk mencuci seluruh produk telur mereka. Itulah yang membuat lapisan pelindung telur di bagian luar menjadi hilang. Untuk itu, pabrik-pabrik memberi lapisan tipis dari minyak untuk melindungi telur dari bakteri yang dapat mengkontaminasi bagian dalamnya.

Salah satu makanan tersehat

Telur bisa dikatakan merupakan salah satu makanan paling sehat di dunia. Itu karena telur adalah sumber protein yang berkualitas tinggi. Sederet nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga terkandung di dalam putih telur, mulai dari vitamin D, B6, B12, selenium dan mineral seperti zinc, zat besi dan tembaga. 

Sedangkan kuning telurnya mengandung kolesterol, vitamin A, D, E, K dan lecithin.

Telur membantu penurunan berat badan

Selama ini banyak orang yang menganggap telur dapat membuat berat badan meningkat drastis. Padahal, fakta yang ada justru kebalikannya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Rochester Center for Obesity research menemukan, bahwa konsumsi telur sebagai sarapan membantu membatasi asupan kalori seseorang sepanjang hari, yakni lebih dari 400 kalori. Itu setara dengan kehilangan berat badan selama 1,3 kilogram per bulan. Hal tersebut dikarenakan telur menjaga Anda kenyang lebih lama.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya