Orangtua, Ini Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

Sumber :

VIVA.co.id - Saat ini banyak bermunculan sekolah-sekolah yang menawarkan sistem pendidikan berkualitas dan berstandar internasional di Indonesia. beberapa sekolah menambahkan kurikulum tertentu yang khas di luar kurikulum nasional. Sekolah-sekolah tersebut menerapkan proses pembelajaran yang khas.

Tentunya ini menjadi salah faktor penting bagi orangtua dalam memilih sekolah untuk anaknya. Praktisi pendidikan Bambang Irianto pun angkat bicara soal memilih pendidikan atau sekolah bagi orangtua.

“Yang perlu disadari orangtua adalah bukan hanya mencari sekolah yang baik, tetapi juga harus disadari bagaimana sekolah tersebut memberikan pendidikan yang sesuai dengan potensi anak berdasarkan sistem pendidikan yang ditawarkan," kata Bambang, Rabu 20 Januari 2016.

Lanjut Bambang, perjalanan pendidikan adalah perencanaan menyeluruh dan berkesinambungan atas tahapan pendidikan yang akan dilalui anak, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Merencanakan perjalanan pendidikan sejak dini, akan membantu orang tua dapat mengarahkan anak untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih efektif, sehingga memberikan manfaat jangka panjang yang lebih optimal.

"Salah satunya kesempatan lebih besar untuk pilihan karier yang cemerlang. Karena itu, untuk memahami dan merencanakan perjalanan pendidikan  penting bagi orang tua, terlebih dahulu memahami  keunikan sistem pendidikan di Indonesia saat ini," ujar Bambang.

Seiring era globalisasi saat ini, generasi muda Indonesia dihadapkan pada kondisi di mana mereka harus mampu bersaing secara internasional. Sebagai pengingat, Indonesia saat ini menduduki posisi terakhir dari 40 negara yang dinilai dalam hal pencapaian pendidikan menurut Laporan The Learning Curve Pearson 2014. Selain itu, Indonesia menduduki peringkat ke-64 dari 65 negara pada peringkat pendidikan global PISA dalam hal matematika, sains dan membaca.

"Guna menjawab tantangan tersebut, sudah saatnya generasi muda Indonesia dibekali sistem pendidikan yang sesuai guna membentuk mereka menjadi generasi yang siap kerja dan siap menghadapi tantangan global tersebut," kata Bambang.
 

Mengenal Pentingnya Fungsi Pengawas Sekolah
Penerima beasiswa Chevening tahun 2015

Kesempatan Kuliah Bebas Biaya di Inggris

Pendaftaran ini dibuka untuk 69 pelajar dari Indonesia

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016