Tips Memasak Sehat dengan Minyak Goreng Bekas

Ilustrasi memasak atau menggoreng.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Memasak makanan dengan cara menggorengnya di dalam minyak akan menghasilkan sajian yang lezat dan menggoda. Namun, banyak ahli kesehatan yang tak henti-hentinya memperingatkan agar tidak menggunakan minyak goreng bekas pakai.

Mahasiswa Brawijaya Buat Jelantah Jadi Pengharum Ruangan

Tentu, Anda melakukan pemborosan jika minyak goreng hanya digunakan untuk sekali memasak.

Tetapi tak ada salahnya untuk menggunakan minyak goreng bekas, dengan catatanya minyak tersebut hanya pernah digunakan untuk beberapa kali menggoreng, dan belum berubah warna menjadi hitam pekat.

Ketahui Enam Alternatif Minyak Sehat Selain Zaitun

Tak perlu takut dengan risiko kesehatannya. Anda bisa tetap memasak sehat dengan minyak goreng bekas, dan meminimalisir risiko dengan melakukan beberapa hal, seperti dilansir dari Times of India berikut ini.

Pilih minyak yang tepat
Awas, Minyak Goreng Bekas Turunkan Kemampuan Mengingat

Jika teknik menggoreng Anda salah, minyak goreng pun tak akan dapat digunakan lagi. Setiap minyak memiliki titik asap spesifik. Titik asap adalah suhu dimana minyak tersebut mulai memecah dan menguap. Gunakan minyak canola, kacang atau sayuran dengan titip asap yang tinggi, agar tidak menguap dengan mudah.

Selain itu, hindari penggunaan minyak zaitun, karena titik asapnya yang tinggi serta cita rasanya yang dominan, sehingga menjadi pilihan minyak goreng yang sangat buruk.

Saring minyak

Setelah menggunakan minyak untuk menggoreng satu atau beberapa kali, pastikan untuk menyaringnya terlebih dahulu, sebelum digunakan kembali untuk menggoreng. Itu karena remah atau makanan yang tersisa pada minyak akan merusak ikatan kimia minyak dan membuatnya cepat terbakar saat dipanaskan.

Simpan di lemari es

Diamkan minyak hingga mencapai suhu ruangan dan simpan di lemari es, di dalam wadah tertutup. Anda bisa menggunakannya kapanpun jika dibutuhkan.

Sesuaikan minyak

Minyak akan menyerap cita rasa makanan yang digoreng di dalamnya. Untuk itu, Anda bisa memilih minyak ikan untuk menggoreng udang, tapi tidak untuk menggoreng onion rings. Pastikan pula minyak yang telah digunakan untuk memasak ikan tidak Anda gunakan untuk menggoreng makanan lain. Pisahkan minyak untuk mencegah makanan terasa tidak enak. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya